Ingin Terhindar dari Asam Urat, Hindari Makanan dan Minuman Ini
berita
Asam Urat
24 September 2020 16:45
Watyutink.com – Asam urat adalah penyakit yang banyak diderita orang Indonesia. Penyakit ini bisa sangat mengangganggu dan menghambat aktivitas sehari-hari. Pasalnya saat kambuh, asam urat akan menyebabkan nyeri dan sakit di persendian. Dalam kondisi seperti ini penderita asam urat tidak akan bisa beraktivitas seperti biasa. Jangankan bekerja, bergerak saja susah.

Asam urat harus dihindari dan dicegah agar tidak menyerang. Setiap perlu mengetahui apa saja yang memicu nyeri persendian akibat asam urat. Biasanya asam urat kambuh akibat kadar purin yang terlalu tinggi dalam tubuh. Itulah sebabnya makanan yang menyebabkan naiknya kadar purin dalam tubuh harus dihindari.

Tahukah Anda, apa saja makanan dan minuman yang menjadi pantangan para penderita asam urat?

Penyakit asam urat atau gout adalah kondisi saat kadar purin di dalam tubuh sangat tinggi. Akibatnya tubuh bereaksi dengan menimbulkan rasa nyeri pada bagian tubuh tertentu. Purin adalah protein yang diproduksi di dalam tubuh. Purin juga terkandung pada banyak makanan. Semakin banyak makan makanan yang mengandung purin, semakin besar juga tubuh memproduksi asam urat atau uric acid.

Kadar purin yang tinggi akan mengalir dalam darah dan mengubah asam urat menjadi kristal. Jika kristal menumpuk di sekitar sendi dan jaringan lunak tubuh lainnya, kristal akan menimbulkan rasa linu, nyeri dan sakit. Tangan atau kaki yang terserang asam urat jadi sulit digerakkan.

Penderita asam urat harus mengetahui makanan apa saja yang bisa memicu kambuhnya penyakit ini. Meskipun itu adalah makanan kesukaan atau favorit, sebaiknya dijauhi dengan menjaga asam urat kambuh dan mengganggu aktivitas sehari-hari. Makanan tersebut umumnya adalah penghasil purin yang bisa memicu asam urat, salah satunya dalah bayam.

Sejatinya bayam adalah makanan sehat lantaran kaya akan nutrisi dan serat yang diperlukan tubuh. Namun para ahli menyebut, bayam adalah sayuran hijau yang memiliki kadar purin cukup tinggi. Sehingga sangat dianjurkan penderita asam urat tidak memakan sayur bayam.

Asparagus dan kembang kol juga harus dihindari para penderita asam urat. Sama seperti bayam, asaparagus juga kaya akan nutrisi yang baik untuk tubuh, seperti folat dan kalium. Namun asparagus juga tinggi kandungan purin. Dalam 100 gram asparagus terdapat 23 gram purin.

Kembang kol juga termasuk salah pantangan makanan asam urat, karena juga tinggi kandungan purin. Dalam 100 gram kembang kol, terdapat 51 gram kandungan purin.

Jamur juga sebaiknya dihindari lantaran kandungan purinnya yang sangat tinggi. Dalam 100 gram jamur terkandung 92 hingga 97 gram purin. Artinya hampir semua bagian jamur berisi purin. Jika bahan ini dimakan dipastikan membawa akibat buruk bagi penderita asam urat.

Daging merah adalah makanan berikutnya yang juga tinggi kadar purin. Itulah sebabnya pengidap asam urat disarankan mengonsumsi daging merah dalam jumlah yang tidak berlebihan.

Seafood dan jeroan adalah makanan yang paling pantang dikonsumsi penderita asam urat. Pasalnya seafood dan jeroan sangat tinggi kadar purinnya dan bisa memicu asam urat kambuh. Hal serupa dengan makanan olahan kedelai, seperti tahu dan tempe. Meski sangat baik untuk tubuh, kedelai yang sudah difermentasi bisa meningkatkan kadar protein dan puirn. Hal inilah yang meningkatkan risiko asam urat.

Makanan berlemak juga harus dihindari. Pasalnya makanan berlemak bisa menghasilkan lebih banyak insulin dalam tubuh. Akibatnya kerja ginjal bisa terganggu. Padahal fungsi ginjal sangat penting untuk membuang asam urat dari dalam tubuh.

Penderita asam urat sebaiknya menghindari minuman manis. Meski tidak mengandung purin, minuman manis tinggi kadar fruktosa. Untuk memecah atau mengolah fruktosa, tubuh membutuhkan purin. Saat kadar frukstosa dalam tubuh meningkat, tubuh juga memperbanyak produksi purin. Hal inilah yang menyebabkan mengonsumsi minuman manis bisa meningatkan risiko gangguan asam urat.

Minuman beralkohol juga harus dihindari lantaran berisiko meningkatkan kadar asam urat. Akibatnya, persedian dan anggota tubuh lainnya akan terasa nyeri dan sakit. Selain itu menginsumsi minuman berakohol bisa memicu dehidrasi atau kekurangan cairan.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF