Infused Water Semangka, Bermanfaat untuk Jaga Kesehatan Jantung, Tulang, dan Otak
berita

08 May 2020 11:00
Watyutink.com – Ada yang mengatakan sehat itu mahal. Mereka beralih untuk bisa sehat harus makan makanan sehat yang berharga mahal. Selain itu harus pula mengonsumsi vitamin atau suplemen yang juga tidak murah.

Ternyata anggapan tersebut salah. Pasalnya kita bisa hidup sehat dengan memanfaatkan bahan-bahan murah. Salah satunya mengolah buah-buahan menjadi infused water, yakni air putih yang dimasukkan di dalamnya berbagai jenis buah atau sayur. Salah satu buah yang bisa dimanfaatkan untuk infused water adalah semangka.  

Tahukah Anda, apa saja manfaat infused water buah semangka?

Sebenarnya banyak buah yang bisa dimanfaatkan untuk infused water. Buah semangka layak dipilih sebagai bahan pembuat infused water lantaran harganya murah dan mudah diperoleh. Selain itu buah semangka memiliki rasa manis.

Infused water semangka diyakini memiliki beragam manfaat, salah satunya untuk mencegah tubuh terserang dehidrasi atau kekurangan cairan. Semangka diketahui adalah buah yang kaya akan kandungan air. Jika dicampur dengan air mineral, manfaatnya bagi tubuh bisa berlipat ganda. Selain mencegah dehidrasi, infused water semangka juga bisa mengeluarkan racun dan membuat tubuh tidak mudah mengantuk.

Semangka adalah buah yang banyak mengandung likopen, yakni zat yang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat atau Low Density Lipoprotein (LDL) dan tekanan darah sistolik. Itulah sebabnya rutin meminum infused water semangka dapat membantu menjaga kesehatan jantung.

Infused water semangkan juga membantu menjaga kesehatan tulang. Pasalnya kandungan magnesium dalam buah semangka membuat tubuh mudah menyerap vitamin D dan kalsium. Kedua nutrisi tersebut diketahui sangat diperlukan untuk memperkuat tulang. Selain itu kandungan kalium dalam semangka juga berguna mencegah otot terserang kram.

Zat kalium juga diketahui mampu meningkatkan kinerja otak. Itulah sebabnya rutin meminum air bercampur semangka berguna meningkatkan konsentrasi. Akibatnya saat melakukan aktivitas, seperti bekerja, belajar, kuliah, atau sekolah bisa lebih fokus.

Kandungan magnesium yang dimiliki semangka juga bisa mengoptimalkan interaksi antar sel. Itulah sebabnya minum infused water semangka bisa meredakan depresi dan menjaga mood tetap baik.

Semangka juga kaya akan kandungan vitamin C. Itulah sebabnya rutin meminum infused water semangka dapat menghindarkan tubuh dari berbagai penyakit kulit. Vitamin C diketahui bermanfaat untuk pembentukan kolagen yang dapat menjaga kesehatan kulit. Selain itu kolagen menjadikan kulit terjaga kelembapannya dan tidak mudah keriput.

Untuk membuat infused water semangka, sangat mudah. Siapkan semangka segar, potong kecil-kecil. Masukkan dalam sekitar 600 mililiter air mineral. Diamkan selama dua hingga lima jam. Bisa juga dengan dimasukkan dalam kulkas.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF