Indonesia Negara Paling Murah Senyum
berita
Ilustrasi watyutink.com
02 December 2019 08:00
Watyutink.com - Keramahtamahan Indonesia memang sudah lama dikenal dunia. Hal ini pula yang membuat banyak wisatawan mancanegara tertarik mengunjungi Indonesia. Salah satu bukti keramahtamahan Indonesia adalah warganya yang murah senyum. 

Tahukah Anda sebuah survei di Swedia menyatakan Indonesia memiliki penduduk paling murah senyum dan sering ucapkan salam.

Berdasarkan hasil survei The Smiling Report 2009 dari AB Better Business yang berbasis di Swedia, Indonesia adalah negara paling murah senyum di dunia

Ini adalah fakta yang amat menarik, dan seharusnya menjadi ‘senjata andalan’ bagi kita untuk meningkatkan arus kunjungan wisatawan mancanegara ke tanah air. Meskipun sebenarnya senyum warganya tidak menunjukkan tingkat kebahagiaan sebuah bangsa.

Sebenarnya yang akan lebih menarik bila dilakukan survei negara yang paling banyak tertawa. Untuk kategori ini Indonesia barangkali juga bisa juara.

Semoga pemerintah cukup jeli untuk menangkap peluang ini. 

Dan bagi warga bangsa pasti tidak ada salahnya untuk tambah giat menebar senyum. Kata bijak mengatakan “senyum adalah ibadah”. Jadi jangan ragu untuk tersenyum. 

 

SHARE ON
OPINI PENALAR

PILIHAN REDAKSI

close

TOPIK TERPOPULER

PENALAR

PILIHAN REDAKSI

PENALAR TERPRODUKTIF

Ahmad Heri Firdaus

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF)

YB. Suhartoko, Dr., SE., ME

Dosen Program Studi Ekonomi Pembangunan, Keuangan dan Perbankan Unika Atma Jaya Jakarta

Mohammad Faisal

Direktur Centre of Reform on Economic (CORE) Indonesia

FOLLOW US

Aturan Timbulkan Administration Cost, Beban Bagi UMKM                Pelaku Bisnis E-commerce Tak Perlu Berbadan Hukum             Hambat Usaha Kecil Naik Kelas             Investor Tak Terpengaruh Prediksi Ekonomi RI             Moody’s Tak Tahu Jeroan Indonesia             Ada  Gap, Ada Ketimpangan             Prioritas Utama Tingkatkan Pertumbuhan             Dana Desa Berhadapan dengan Kejahatan Sistemik             Pembangunan Desa Tidak Bisa Berdiri Sendiri             Harus Disadari, Korupsi akan Mengikuti Kemana Uang Mengalir