Ikan Cue, Makanan Kelas Bawah yang Berkhasiat Bisa Cegah Hipertensi, Anemia, Sehatkan Jantung dan Mata
berita
Ikan Cue/ Net
24 February 2021 08:00
Watyutink.com – Ikan cue selama ini sering dianggap sebagai makanan kelas bawah. Terlebih harga ikan cue sangat murah. Per keranjang berisi dua atau tiga ikan cue berharga kurang dari Rp10.000. Hal ini membuat beberapa orang, terutama dari kalangan menengah atas enggan mengonsumsi ikan cue. Bagi mereka lebih bergengsi makan ikan gurami, tuna, atau salmon.

Padahal sejatinya ikan cue sangat baik dikonsumsi. Pasalnya ikan yang dibeberapa daerah disebut sebagai pindang ini mempunya banyak manfaat bagi kesehatan. Ikan cue diyakini kaya akan nutrisi yang berguna bagi kebugaran tubuh. Itulah sebabnya ikan cue termasuk dalam bahan makanan yang dianjurkan dikonsumsi.

Tahukah Anda apa manfaat ikan cue atau pindang bagi kesehatan?

Ikan cue atau pindang adalah salah satu proses pengawetan ikan. Prosesnya mirip dengan pembuatan ikan asin, yakni membalurkan garam pada ikan. Selanjutnya ikan direbus dalam garam hingga mendidih. Proses ini selain menjadilan ikan lebih tahan lama juga menambah cita rasa dan memperbaiki tekstur badan ikan. Beberapa jenis ikan yang kerap dilolah menjadi ikan cue adalah tongkol, cakalang, selar, lemuru, dan bandeng.

Selain itu, pembuatan ikan cue juga menjadikannya lebih bemanfaat bagi kesehatan. Hal ini lantaran kadungan protein dalam ikan cue cukup tinggi. Protein adalah nutrisi yang diperlukan untuk pembentukan otot, tulang, kulit, dan darah. Protein juga bermanfaat memperbaiki kekebalan tubuh atau sistem imun.

Ikan cue atau pindang juga bermanfaat mencegah terjadinya anemia atau kurang darah. Kandungan protein tinggi dalam ikan cue dapat memperbaharui sel-sel darah merah. Akibatnya tubuh akan tercukupi kebutuhan hemoglobin yang bermanfaat membawa dan mengedarkan oksigen dalam tubuh.

Ikan cue juga dapat meminimalisir risiko serangan jantung. Pakar biokimia pangan dan gizi Institut Pertanian Bogor (IPB), Prof Dr Ir Made Astawan MS mengatakan, ikan cue atau pindang mengandung protein dan berbagai jenis mineral yang cukup tinggi, seperti vitamin A dan asam omega-3.

Omega-3 berfungsi meningkatkan elastisitas arterial dan menurunkan risiko detak jantung abnormal. Selain itu omega-3 membuat tekanan darah lebih terjaga. Itulah sebabnya ikan cue dapat menyehatkan jantung dan mencegah penyakit serangan darah tinggi atau hipertensi.

Ikan cue juga dapat mencegah serangan penyakit akibat kolesterol jahat. Pasalnya ikan pindang memiliki kandungan lemak tak jenuh yang bermanfaat meningkatkan kadar kolesterol baik atau high density lipoprotein (HDL). Jika kadar HDL meningkat maka kadar kolesterol jahat atau  low density lipoprotein (LDL) otomatis menurun. Itulah sebabnya mengonsumsi ikan cue dapat mencegah penyumbatan darah dan terbawanya koleterol jahat hingga ke organ hati.

Ikan cue juga dapat menjaga kesehatan mata. Pasalnya, selain mengandung omega-3, ikan cue juga kaya akan vitamin A. Kedua nutrisi ini diyakini sangat bermanfaat untuk kesehatan mata, baik pada orang dewasa terlebih anak-anak.

Ikan cue juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh atau sistem imun. Kandungan vitamin A yang cukup tinggi diyakini meningkatkan sistem imun dan melindungi tubuh dari serangan berbagai jenis penyakit. Ikan cue juga memiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi. Hal ini menjadikan ikan cue mampu melindungi otak dari berbagai penyakit seperti demensia atau pikun.

Ikan cue juga kaya akan kandungan serat. Hal ini menjadikan ikan cue bermanfaat menjaga kesehatan sistem pencernaan. Sedangkan kandungan vitamin B kompleks dalam ikan cue membuat metabolisme tubuh berjalan lebih baik. Vitamin B kompleks juga mampu memelihara kesehatan rambut dan kuku serta mencegah penuaan dini.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Abdillah Ahsan, Dr., S.E, M.S.E.

Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas indonesia, Peneliti Lembaga Demografi FEB UI