Hidup Sehat dengan Segelas Air Hangat, Sembuhkan Flu, Sakit Tenggorokan, dan Nyeri Sendi
berita
Air Hangat/ Net
17 March 2020 16:45
Watyutink.com – Banyak orang beranggapan untuk bisa hidup sehat dibutuhkan biaya mahal. Anggapan itu muncul karena sehat hanya dihubungan dengan kebiasaan olah raga di pusat kebugaran yang membutuhkan biaya. Atau dengan mengonsumsi suplemen yang juga berharga mahal.

Padahal untuk bisa hidup sehat banyak yang sederhana dan tanpa perlu mengeluarkan biaya. Salah satunya adalah dengan rutin minum air putih hangat setiap pagi. Sangat sederhana tapi efeknya bagi tubuh sangat luar biasa.

Tahukah Anda, apa manfaat rutin minum air putih hangat setiap pagi?

Air putih hangat terlihat sangat sederhana, untuk menyajikannya tak perlu biaya. Setiap rumah pasti punya air putih hangat. Namun dibalik kesederhanaannya air putih hangat menyimpan manfaat yang luar biasa. Para ahli kesehatan menyebut rutin minum air putih hangat setiap pagi membawa dampak yang sangat baik bagi kesehatan.

Bisa juga ditambahkan perasan lemon, jeruk nipis, atau sesendok madu. Namun perlu diperhatikan suhu air putih. Jangan terlalu panas, pasalnya hal itu bisa menimbulkan luka pada lidah.  

Ada beragam manfaat dari kebiasaan minum air putih hangat setiap pagi, salah satunya meredakan flu. Gejala-gejala flu, seperti sakit tenggorokan, pilek, dan dehidrasi dapat dicegah dengan minum air hangat. Uap yang dihasilkan air hangat dapat membantu mengencerkan lendir yang kerap menyumbat saluran nafas. Ketika ditambahkan jahe, lemon, atau madu, air hangat tersebut dapat meredakan nyeri tenggorokan.

Sakit tenggorokan juga bisa disembuhkan dengan berkumur menggunakan secangkir air hangat dicampur setengah sendok teh garam.  Sakit tenggorokan biasanya disertai dengan radang dan pembengkakan pada dinding tenggorokan. Air garam hangat diyakini dapat meredakan dan mengurangi pembengkakan. Berkumur selama sekitar 30 detik, tiga kali sehari dapat meredakan sakit tenggorokan.

Air putih hangat juga bermanfaat meredakan stres. Pasalnya air hangat dapat membantu melancarkan aliran darah di seluruh tubuh termasuk otak. Hal itu membuat tubuh menjadi rileks sehingga stres dan rasa cemas menjadi reda. Terlebih jika dikonsumsi pada pagi hari, air putih hangat akan membuat tubuh lebih bersemangat saat beraktivitas. Jika digunakan untuk mandi di malam hari, air hangat akan membantu tubuh tidur lebih nyenyak.

Saat sirkulasi darah lancar akibat minum air putih hangat,  lemak yang tersimpan dalam tubuh akan dibongkar. Hal ini berdampak pada sistem saraf dan sirkulasi darah menjadi lebih lancar.

Bagi para wanita, rutin mengonsumsi air putih hangat bermanfaat meredakan nyeri saat datang bulan atau menstruasi. Minum air dalam jumlah cukup dapat mencegah cairan dalam tubuh tertahan.Itulah sebabnya rutin minum air putih hangat dapat meredakan nyeri haid.  Air putih hangat juga bermanfaat meredakan kram otot.

Manfaat selanjutnya dari air putih hangat adalah meredakan nyei dan sakit pada sendi. Air putih hangat bisa memperlancar sirkulasi pada pembuluh darah. Hal ini menjadikan otot-otot tubuh menjadi rileks. Akibatnya, persendian yang menderita radang dan nyeri turut menjadi rileks dan akhirnya mereda. Bukan hanya di persendian, air putih hangat juga bisa meredakan sakit di perut, kepala, dan bagian tubuh lainnya.

Air putih hangat juga bisa meringakan gejala akalasia, yakni kondisi saat kerongkongan sulit menelan makanan. Minum air putih hangat di pagi hari akan meredakan akalasia dan membuat kerongkongan lebih mudah menelan makanan dengan lebih nyaman.

Air putih hangat juga bisa menjadi sarana detoksifikasi atau membuang racun dari dalam tubuh. Selain itu minum air putih hangat juga membantu membersihkan sistem tubuh. Minum air putih hangat akan mengaktifkan sistem endokrin tubuh. Hal ini ditandai dengan keluarnya keringat dari tubuh. Racun dari dalam tubuh akan keluar bersamaan dengan keluarnya keringat.  Selain itu racun juga bisa keluar melalui urin atau air seni.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF