Hepatitis A, Meski Ringan Tapi Jangan Disepelekan
berita

30 June 2019 09:00
Watyutink.com - Terdapat beberapa penyakit hepatitis yang dikenal selama ini, yaitu hepatitis A, B, C, D, E, F, dan G. Berdasarkan berbagai jenis penyakit hepatitis, hepatitis A termasuk golongan yang paling ringan. Meskipun termasuk golongan ringan, tetapi penyakit ini bisa menimbulkan kematian apabila tidak ditangani dengan benar. 

Tahukah Anda, gejala dan cara mengobati penyakit hepatitis A?

Hepatitis A adalah infeksi pada hati yang disebabkan oleh virus hepatitis A. Virus ini menyebabkan peradangan dan mempengaruhi kinerja hati. Penyakit ini tergolong sebagai penyakit yang mudah menular. Penularan bisa melalui makanan atau minuman yang terkontaminasi virus hepatitis A atau melakukan kontak dengan orang yang telah terinfeksi.

Orang yang terjangkit virus ini, biasanya mengalami gejala awal seperti demam, mual, muntah, nyeri pada otot sendi, hingga diare. Akan tetapi jika virus ini sudah menyerang hati, biasanya akan menimbulkan gejala seperti urin berwarna gelap, tinja berwarna pucat, sakit kuning, gatal-gatal pada kulit, serta perut bagian kanan atas akan sakit apabila ditekan, dan lebih parahnya penyakit ini berpotensi menyebabkan gagal hati. Tidak semua penderita mengalami gejala ini, akibatnya penyakit ini kadang sulit untuk disadari.

Pada dasarnya penyakit hepatitis A akan sembuh dengan sendirinya karena sistem kekebalan tubuh penderita mampu untuk membasmi virus tersebut. Pengobatan yang diberikan hanya untuk meringankan gejala-gejala yang timbul sembari menunggu penyakit itu sembuh. Meskipun terdapat obat yang dijual bebas, tetapi pasien dianjurkan untuk berkonsultasi terlebih dahulu sebelum mengkonsumsi obat. Hal ini dikarenakan obat-obatan yang dikonsumsi tanpa anjuran dokter dapat memperparah gangguan fungsi hati yang dialami penderita. Bagi pasien yang telah mengalami gagal hati membutuhkan transplantasi hati untuk sembuh. 

Waktu yang dibutuhkan pasien untuk sembuh dari penyakit ini mencapai 6 bulan. Oleh karena itu, untuk menghindari penyebaran penyakit ini dapat dilakukan dengan berbagai cara, antara lain selalu menjaga kebersihan lingkungan, menerapkan gaya hidup sehat, selalu mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, menghindari konsumsi makanan mentah atau setengah matang, dan yang paling penting adalah melakukan vaksin hepatitis A. Orang yang telah melakukan vaksin ini akan mendapatkan kekebalan tubuh terhadap penyakit ini9, sehingga kecil kemungkinan untuk mengalami penyakit hepatitits A.

Mulailah dari diri sendiri untuk tetap menjaga kesehatan. (zaki)

SHARE ON
OPINI PENALAR

PILIHAN REDAKSI

close

TOPIK TERPOPULER

PENALAR

PILIHAN REDAKSI

PENALAR TERPRODUKTIF

Ujang Komarudin, Dr., M.Si.

Pengamat Politik dan Dosen Universitas Al Azhar Indonesia

Mohammad Faisal

Direktur Centre of Reform on Economic (CORE) Indonesia

Christianto Wibisono

Analis Bisnis/ Pendiri Pusat Data Bisnis Indonesia (PDBI)

FOLLOW US

Polisi Tunduk Pada Hukum             Inovasi Kebijakan yang Tidak Menjual             Kebijakan Tergantung Tujuan Awalnya             Kebaya Tak Perlu Dipertanyakan             Penggalian Nilai Budaya Dibalik Kebaya             Berkebaya Adalah Kesadaran             Penangkapan Faisol Tidak Berdasar             Lembaga Negara Bukan Pemungut Upeti!             Cost Recovery Bukan dari APBN             Blok Masela, Akankah mengulang sejarah Freeport?