Hentikan Kebiasaan Merokok atau Anda akan Terserang Penyakit  Asam Lambung
berita

15 September 2020 15:30
Watyutink.com – Efek buruk kebiasaan merokok sudah tidak perlu diragukan lagi. Semua ahli kesehatan mengakui rokok bisa memicu beragam gangguan kesehatan. Tak tanggung-tanggung, beberapa penyakit kronis, seperti kanker, jantung, stroke, hipertansi dan diabetes bisa muncul akibat kebiasaan menghisap asap ini. Itulah sebabnya kebiasaan merokok sebaiknya dihentikan.

Selain penyakit tersebut, ada pula gangguan kesehatan akibat rokok yang kurang disadari, yakni asam lambung. Para ahli kesehatan yakin penyakit yang juga bernama GERD ini akan bertambah buruk akibat kebiasaan merokok.

Tahukah Anda, bagaimana rokok bisa menyebabkan penyakit asam lambung?

Penyakit asam lambung atau gastroesophageal reflux disease (GERD) adalah gangguan kesehatan akibat asam yang terdapat di lambung naik hingga kerongkongan. Otot yang seharusnya menutup saluran kerongkongan tidak bisa menjalankan fungsinya. Saat otot kerongkongan lemah, asam lambung akan naik dan menyebabkan gangguan seperti rasa panas dan terbakar di dada.

Gejala asam lambung seringkali terasa mirip dengan serangan jantung. Pasalnya kedua penyakit ini menyerang dan menyebabkan nyeri di bagian dada. Meski tidak mematikan seperti serangan jantung, penyakit asam lambung tidak bisa dianggap sepele. Jika tidak mendapat penanganan semestinya, asam lambung bisa menimbulkan komplikasi.

Serangan asam lambung biasanya ditandai dengan rasa terbakar di dada atau heartburn. Kondisi ini akan bertambah parah jika punya kebiasaan berbaring setelah makan. Penyakit asam lambung juga kerap disertai gangguan pencernaan seperti sering bersendawa, mual dan muntah, serta maag dan sesak napas. Penyakit asam lambung juga dapat menimbulkan keluhan mulut terasa asam.

Situs Everyday Health menuliskan, salah satu pemicu penyakit asam lambung adalah kebiasaan merokok. Ada beberapa hal yang menyebabkan rokok bisa memicu GERD. Salah satunya adalah karena rokok mengandung nikotin yang bisa melemahkan otot polos (spinchter esofagus) dalam tubuh. Padahal spinchter bertugas mengatur jalannya makanan ke lambung. Selain itu otot polos bertugas mencegah masuknya asam ke kerongkongan atau esofagus. Nikotin dalam rokok menyebabkan spinchter esofagus terlalu rileks sampai tidak bisa menjalankan tugas dengan baik.

Selain melemahnya otot polos, rokok juga mengganggu tugas otot esofagus saat membersihkan kerongkongan. Padahal kebersihan kerongkongan, terutama dari asam sangat penting. Tak hanya otot yang rusak tetapi selaput lendir yang melindungi kerongkongan dari kerusakan asam pun ikut kena efek negatifnya.

Kebiasaan merokok juga bisa mengurangi air liur akibat mulut menjadi mudah kering. Padahal, air liur adalah zat penetral asam yang disebut dengan bikarbonat. Air liur berguna membantu melawan efek refluks asam lambung dan GERD. Jika produksi air liur berkurang asam lambung akan dengan mudah naik ke kerongkongan. Selain itu sedikitnya air liur membuat kerongkongan tidak mampu menetralkan asam lambung.

Kondisi kerongkongan yang terganggu akibat berkurangnya produksi air liur menjadi semakin parah lantaran rokok ternyata juga meningkatkan produksi asam dalam lambung. Akibatnya asam lambung akan dengan mudah naik ke kerongkongan dan menjadi lebih banyak. Hal ini dipastikan memicu GERD menjadi lebih parah.

Itulah sebabnya agar terhindar dari penyakit asam lambung, sebaiknya segera hentikan kebiasaan merokok. Agar lebih efektif mencegah GERD, rutinlah minum air rendaman jahe dan kurma. Jahe adalah rempah yang banyak mengandung senyawa fenoleat. Senyawa ini berguna meredakan iritasi saluran pencernaan dan mengurangi kontraksi lambung. Jahe juga dapat mengurangi risiko zat asam naik dari lambung ke kerongkongan.

Untuk membuat air rendaman atau infused water jahe dan kurma, caranya sangat mudah. Siapkan jahe sebesar ibu jari orang dewasa dan tiga atau lima butir kurma yang sudah dibuang bijinya. Rendam dalam 300 hingga 500 mililiter air dan simpan dalam botol. Biarkan hingga 12 jam atau semalam. Minum keesokan harinya. Lakukan secara rutin dan rasakan hasilnya.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF