Haruskah Minum Obat Batuk Saat Terserang Uhuk....uhuk...
berita

21 October 2019 08:00
Watyutink.com - Batuk adalah penyakit yang sering dialami saat musim pancaroba. Saat menderita batuk, seringkali kita buru-buru minum obat batuk agar uhuk....uhuk.... segera hilang. 

Tahukah Anda, sebenarnya batuk bisa sembuh dengan sendirinya tanpa bantuan obat batuk. 

Batuk sebenarnya bukanlah penyakit, melainkan respon alami tubuh untuk membersihkan saluran pernapasan dari dahak dan penyebab iritasi, seperti asap dan debu, atau penyebab infeksi seperti virus dan bakteri. 

Batuk dapat reda dengan sendirinya dalam waktu tiga minggu. Namun bukan berarti kita tidak boleh mengkonsumsi obat batuk. Penggunaan obat batuk dapat dilakukan tergantung kondisinya.

Biasanya obat batuk diperlukan saat kita mengalami batuk disebabkan oleh bakteri. Umumnya dokter akan memberikan antibiotik yang wajib dihabiskan. Dokter juga dapat meresepkan sirup batuk ekspektoran untuk mempermudah keluarnya dahak dan obat antitusif untuk menekan batuk.

Kita juga bisa mengkonsumsi obat batuk saat batuk yang kita derita sudah mulai menggangu aktivitas sehari-hari seperi bekerja, belajar atau tidur. 

Selain menggunakan obat-obatan kimiawi, kita juga bisa meredakan batuk secara alami. Minum air yang cukup dipercaya dapat meredakan batuk Pasalnya air putih dapat membantu mengencerkan dahak dan menjaga tenggorokan tetap lembab. 

Mengkonsumsi minuman hangat ditambah lemon diyakini akan membuat tenggorokan terasa lebih nyaman. Baik juga ditambahkan madu untuk meredakan batuk. 

Saat batuk, sebaiknya kita mandi menggunakan air hangat. Uap yang keluar dari air hangat dapat membantu meredakan batuk dan membuang ingus, termasuk batuk yang berasal dari alergi.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Fithra Faisal Hastiadi, Dr., S.E., MSE., M.A

Direktur Eksekutif Next Policy, Dosen FEB UI

Andry Satrio Nugroho

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF)

Yahya Agung Kuntadi, Ir., M.M.

Kepala Kantor UGM Kampus Jakarta, Institute of Research and Community LPPM UGM

FOLLOW US

Tidak Pada Tempatnya Meragukan Data BPS             Harus Disadari, Ada Akar Masalah yang Tidak Diselesaikan             Sektor Konsumsi Harus Tetap Didorong             Data Angka Konsumsi dan Investasi Masih Menunjukkan Peningkatan             Rakyat Harus Diuntungkan dalam Jangka Pendek             Jangan Kejar Target Pembangunan Fisik Saja             Kemampuan Investasi dalam Menyerap Tenaga Kerja Semakin Rendah             Sektor UKM Masih Bisa Diandalkan             Masih Harus Banyak Dilakukan Pembenahan             Tantangan Besar Meningkatkan Tenaga Kerja Menjadi SDM Berkualitas