Habbatussauda, Obat Herbal Warisan Nabi Muhammad SAW
berita
Sumber Foto : id.pinterest.com
24 January 2019 16:30
Watyutink.com - Saat ini kesadaran akan penggunaan produk herbal semakin tinggi. Jenis-jenis suplemen herbal perlahan mulai menyingkirkan produk serupa berbahan dasar kimiawi. Salah satu jenis suplemen herbal yang sudah sangat populer adalah jinten hitam atau habbatussauda.

Ternyata habbatussauda adalah obat herbal yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW. Para ahli pengobatan Islam sudah sejak lama meneliti dan menggunakannya untuk beragam pengobatan.

Tahukah Anda, apa saja manfaat habbatussauda bagi kesehatan manusia?

Habbatussauda atau jintan hitam berasal dari tanaman bernama Nigella Sativa yang tumbuh di Asia Selatan dan Asia Barat. Di negara-negara Timur Tengah dan India, tanaman yang juga disebut Syuwainiz ini digunakan untuk bumbu penyedap dan pengawet masakan.

Ahli pengobatan Islam, Ibnu Sina dalam sebuah penelitiannya menyebutkan habbatussauda bermanfaat sebagai pengobatan sesak napas, baik karena gejala asma atau karena masalah pernapasan lainnya. Beberapa penelitian menunjukkan ekstrak herbal dari  habbatussauda dapat meredakan mengi dan batuk-batuk serta meningkatkan fungsi paru-paru.

Penelitian dari Shahrekord University of Medical Sciences di Iran menyebutkan, mengkonsumsi pil ekstrak habbatussauda setiap hari selama dua bulan dapat menurunkan tekanan darah pada orang-orang yang memiliki hipertensi ringan. Selain itu jinten hitam juga dapat menurunkan tingkat kolesterol total dan kolesterol jahat atau LDL, disamping juga dapat meningkatkan kadar kolesterol baik atau HDL pada beberapa kasus.

Jinten hitam juga mengandung senyawa thymoquinone yang mempunyai efek antikanker.Uji laboratorium menunjukkan bahwa thymoquinone secara efektif dapat menghambat pertumbuhan kanker darah atau leukima dan sel limfoma mieloid.

Penelitian lain mengindikasikan habbatussauda dapat meringankan efek penyakit alzheimer. Hal ini didukung oleh penelitian lain yang menunjukkan bahwa habbatussauda dapat memulihkan ingatan, kemampuan berpikir, serta perhatian.

Selain itu, jintan hitam juga mempunyai beragam manfaat lainnya, seperti mengobati sakit kepala, sakit gigi, flu dan hidung tersumbat. Habbatussauda juga dapat mengobati mata merah atau konjungtivitis, wasir, rematik, reaksi alergi, hingga masalah pencernaan seperti diare, disentri, sembelit, kolik, dan perut kembung. Minyak habbatussauda yang dioles ke kulit juga dilaporkan bisa menyembuhkan reaksi alergi kulit akibat dermatitis kontak. Jinten hitam juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

SHARE ON
OPINI PENALAR

PILIHAN REDAKSI

close

TOPIK TERPOPULER

PENALAR

PILIHAN REDAKSI

PENALAR TERPRODUKTIF

Ujang Komarudin, Dr., M.Si.

Pengamat Politik dan Dosen Universitas Al Azhar Indonesia

Mohammad Faisal

Direktur Centre of Reform on Economic (CORE) Indonesia

Christianto Wibisono

Analis Bisnis/ Pendiri Pusat Data Bisnis Indonesia (PDBI)

FOLLOW US

Polisi Tunduk Pada Hukum             Inovasi Kebijakan yang Tidak Menjual             Kebijakan Tergantung Tujuan Awalnya             Kebaya Tak Perlu Dipertanyakan             Penggalian Nilai Budaya Dibalik Kebaya             Berkebaya Adalah Kesadaran             Penangkapan Faisol Tidak Berdasar             Lembaga Negara Bukan Pemungut Upeti!             Cost Recovery Bukan dari APBN             Blok Masela, Akankah mengulang sejarah Freeport?