Gula, Jangan Berlebih tapi Jangan Pula Kurang
berita

17 October 2019 09:00
Siapa sih, yang tidak suka rasa manis? Tidak hanya anak-anak, orang dewasa suka rasa manis.  Bagi sebagian orang  rasa manis adalah rasa favorit selain rasa gurih. Rasa manis umumnya didapat dari gula.

Tahukah Anda, mengkonsumsi gula berlebih memiliki dampak tidak baik bagi tubuh?

Gula pada dasarnya adalah karbohidrat yang diolah tubuh menjadi energi. Namun mengonsumsi gula  terlalu banyak justru dapat memberikan efek negatif bagi tubuh, seperti  malnutrisi. Selain itu gula berlebih dapat meningkatkan kadar trigliserida dalam pembuluh darah dan jaringan lemak yang berakibat meningkatnya gangguan jantung.

Akibat berikutnya yang bisa timbul akibat gula berlebih adalah resiko diabetes. Pasalnya karbohidrat dalam gula dapat meningkatkan gula darah dengan cepat. Selain itu mengkonsumsi gula berlebih beresiko mengalami obesitas atau kelebihan berat badan. Gula juga cenderung menyebabkan kerusakan gigi terutama jika kita malas membersihkan gigi.

Meski menimbulkan efek negatif tapi kita tetap disarankan mengkonsumsi gula. Namun yang terpenting adalah kontrol jumlahnya. Pastikan tidak berlebih dan selalu diimbangi dengan mengkonsumsi air putih dalam jumlah cukup.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Yahya Agung Kuntadi, Ir., M.M.

Kepala Kantor UGM Kampus Jakarta, Institute of Research and Community LPPM UGM

Teguh Santoso, S.E., M.Sc.

Dosen Departemen Ilmu Ekonomi FEB Unpad, Peneliti Center for Economics and Development Studies

Salamudin Daeng

Anggota Institute Sukarno for Leadership Universitas Bung Karno (UBK)

FOLLOW US

Banyak Hal Harus Dibenahi dengan kebijakan Strategis dan Tepat             Pertumbuhan Konsumsi Berpotensi Tertahan             Amat Dibutuhkan, Kebijakan Pertanian yang Berpihak pada Petani!             Perekonomian Dunia Masih Dihantui Ketegangan dan Ketidakpastian             Revisi Aturan-aturan yang Tidak Pro Kepada Nelayan!             Kebijakan KKP yang Baru Harus Didukung             Figur Menjadi Penting untuk Melaksanakan Dua Peran BUMN             Restrukturisasi, Reorganisasi untuk Efisiensi dan Efektivitas BUMN             Kembalikan Proses Pemilihan Pejabat BUMN kepada Spirit Reformasi             Tidak Pada Tempatnya Meragukan Data BPS