Gula, Jangan Berlebih tapi Jangan Pula Kurang
berita

10 December 2018 17:30
Siapa sih, yang tidak suka rasa manis? Tidak hanya anak-anak, orang dewasa suka rasa manis.  Bagi sebagian orang  rasa manis adalah rasa favorit selain rasa gurih. Rasa manis umumnya didapat dari gula.

Tahukah Anda, mengkonsumsi gula berlebih memiliki dampak tidak baik bagi tubuh?

Gula pada dasarnya adalah karbohidrat yang diolah tubuh menjadi energi. Namun mengonsumsi gula  terlalu banyak justru dapat memberikan efek negatif bagi tubuh, seperti  malnutrisi. Selain itu gula berlebih dapat meningkatkan kadar trigliserida dalam pembuluh darah dan jaringan lemak yang berakibat meningkatnya gangguan jantung.

Akibat berikutnya yang bisa timbul akibat gula berlebih adalah resiko diabetes. Pasalnya karbohidrat dalam gula dapat meningkatkan gula darah dengan cepat. Selain itu mengkonsumsi gula berlebih beresiko mengalami obesitas atau kelebihan berat badan. Gula juga cenderung menyebabkan kerusakan gigi terutama jika kita malas membersihkan gigi.

Meski menimbulkan efek negatif tapi kita tetap disarankan mengkonsumsi gula. Namun yang terpenting adalah kontrol jumlahnya. Pastikan tidak berlebih dan selalu diimbangi dengan mengkonsumsi air putih dalam jumlah cukup.

SHARE ON
OPINI PENALAR

PILIHAN REDAKSI

close

TOPIK TERPOPULER

PENALAR

PILIHAN REDAKSI

PENALAR TERPRODUKTIF

Ujang Komarudin, Dr., M.Si.

Pengamat Politik dan Dosen Universitas Al Azhar Indonesia

Mohammad Faisal

Direktur Centre of Reform on Economic (CORE) Indonesia

Christianto Wibisono

Analis Bisnis/ Pendiri Pusat Data Bisnis Indonesia (PDBI)

FOLLOW US

Polisi Tunduk Pada Hukum             Inovasi Kebijakan yang Tidak Menjual             Kebijakan Tergantung Tujuan Awalnya             Kebaya Tak Perlu Dipertanyakan             Penggalian Nilai Budaya Dibalik Kebaya             Berkebaya Adalah Kesadaran             Penangkapan Faisol Tidak Berdasar             Lembaga Negara Bukan Pemungut Upeti!             Cost Recovery Bukan dari APBN             Blok Masela, Akankah mengulang sejarah Freeport?