Genjer, Sayur Pahit yang Kaya Manfaat
berita
Sumber Foto : tribunnews.com
04 October 2019 08:00
Watyutink.com – Genjer atau paku rawan (Limnocharis flava) termasuk tumbuhan gulma yang biasa ditemui di sawah atau perairan dangkal. Genjer dulunya menjadi sayuran alternatif apabila tidak ada sayur lain yang bisa dimasak. Namun siapa sangka, sekarang genjer menjadi menu favorit karena khasiatnya yang sangat baik untuk kesehatan serta rasanya yang membangkitkan selera makan.

Tahukah Anda kandungan dari sayur genjer yang bermanfaat bagi kesehatan?

Bukan jadi rasahasia lagi jika sayur mengandung serat yang tinggi, termasuk sayur genjer. Kandungan serat dalam sayur genjer mampu melancarkan pencernaan, mencegah sembelit, mengikat lemak dalam tubuh, meningkatkan metabolism tubuh, dan menstabilkan gula darah.

Baca Juga

Selain serat, sayur genjer mengandung protein yang cukup tinggi. Dalam 100 gram sayur genjer mengandung protein sebesar 1,7 gram. Jumlah yang cukup tinggi untuk kandungan protein dalam sayur hijau. Protein berguna untuk membentuk massa otot, menambah stamina dan tenaga, serta mengikat lemak dalam tubuh.

Kelebihan sayur genjer tidak berhenti disitu. Sayur ini juga mengandung kalsium. Dalam 100 gram penyajian genjer, terkandung 64 mg kalsium. Kalsium sangat baik untuk pertumbuhan tulang dan gigi, menjaga kesehatan tulang dan gigi, dan mencegah osteoporosis.

Sayur genjer juga mengandung fosfor. Dalam 100 gram sayur genjer mengandung 33 mg fosfor. Fosfor bersama dengan kalsium dalam tubuh berfungsi untuk mencegah osteoporosis, meningkatkan kekuatan tulang, serta menjaga kesehatan tulang.

Kandungan lain dalam sayur genjer yaitu zat besi. Dalam 100 gram sayur genjer mengandung 2,1 mg zat besi. Zat besi bermanfaat dalam pembentukan sel darah merah serta mempercepat penyembuhan luka.

Yuk, konsumsi sayur genjer.

(GD)

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Yahya Agung Kuntadi, Ir., M.M.

Kepala Kantor UGM Kampus Jakarta, Institute of Research and Community LPPM UGM

Defiyan Cori, Dr.

Ekonom Konstitusi

Fithra Faisal Hastiadi, Dr., S.E., MSE., M.A

Direktur Eksekutif Next Policy, Dosen FEB UI

FOLLOW US

Figur Menjadi Penting untuk Melaksanakan Dua Peran BUMN             Restrukturisasi, Reorganisasi untuk Efisiensi dan Efektivitas BUMN             Kembalikan Proses Pemilihan Pejabat BUMN kepada Spirit Reformasi             Tidak Pada Tempatnya Meragukan Data BPS             Harus Disadari, Ada Akar Masalah yang Tidak Diselesaikan             Sektor Konsumsi Harus Tetap Didorong             Data Angka Konsumsi dan Investasi Masih Menunjukkan Peningkatan             Rakyat Harus Diuntungkan dalam Jangka Pendek             Jangan Kejar Target Pembangunan Fisik Saja             Kemampuan Investasi dalam Menyerap Tenaga Kerja Semakin Rendah