Digemari Nabi Muhammad SAW, Semangka Bisa Cegah Kanker Prostat, Diabetes, Radang Sendi, dan Katarak
berita
Buah Semangka/ Net
18 March 2021 16:22
Watyutink.com – Selama ini banyak yang mendiga buah yang digemari Nabi Muhammad SAW adalah kurma. Anggapan itu tidak aneh dan tidak salah. Kurma adalah tumbuhan khas Timur Tengah, termasuk Arab Saudi.  Bahkan di negara-negara tersebut, kurma sudah menjadi makanan pokok. Itulah sebabnya tak heran jika Nabi Muhammad SAW juga menyukai dan mengonsumsi kurma.

Namun selain kurma, Nabi Muhammad SAW juga menyukai buah lain, yakni semangka. Disebutkan dalam sebuah hadis yang diriwayatkan Imam At Tirmidzy disebutkan, “Sesungguhnya Nabi Muhammad SAW sering makan semangkan dan ruthab (kurma).” Tidak heran jika kurma dan semangka dimakan bersama. Pasalnya kedua buah itu bisa saling melengkapi. Panas yang ditimbulkan kurma akan didinginkan semangka, sebaliknya dinginnya semakang dihangatkan dengan kurma.

Semangka memang pantas digemari, bukan hanya oleh Nabi Muhammad SAW melainkan juga banyak orang. Pasalnya selain segar, semangka juga banyak memiliki manfaat bagi kesehatan.

Tahukah Anda, apa saja manfaat buang semangka bagi kesehatan?

Manfaat pertama dari buah semangka adalah mengatasi masalah pencernaan, terutama sembelit atau susah buang air besar. Sembelit seringkali muncul karena kurangnya asupan makanan yang mengandung serat. Selain itu kebiasaan mengonsumsi produk olahan susu, seperti keju juga bisa memicu sembelit.

Itulah sebabnya mengonsumsi semangka sangat baik untuk mencegah sembelit. Kandungan serat dan air dalam semangka diyakini dapat membantu memperlancar proses pencernaan. Selain semangka, manfaat mencegah sembelit juga bisa didapatkan pada buah lain yang tinggi kadungan air, seperti melon.

Semangka juga dapat menyehatkan otot dan tulang. Selain kaya kandungan serat dan air, semangka juga mengandung vitamin C, vitamin B6, antioksidan, beta karoten, selenium, dan zinc yang dapat membantu menghilangkan nyeri dan kaku pada otot. Itulah sebanya mengonsumsi semangka dapat mengurangi gejala arthritis atau radang sendi serta mengurangi peradangan yang dapat merusak sendi dan tulang.

Manfaat selanjutnya buah semangka adalah mencegah kanker prostat. Semangka diketahui mengandung vitamin C, vitamin A, dan antioksidan likopen. Antioksidan bermanfaat membantu tubuh melawan radikal bebas penyebab kanker. Sedangka likopen sendiri mampu mengurangi risiko munculnya kanker prostat.

Kadungan vitamin C, likopen, serta antioksidan dalam semangka dipercaya dapat menurunkan risiko serangan beberapa penyakit kronis, seperti diabetes, penyakit jantung dan pembuluh darah, kanker, juga katarak.

Buah semangka juga dapat mencegah penyakit asma dan menjaga tekanan darah menjadi stabil. Selain itu kandungan air dalam semangka dapat menghindarkan tubuh dari dehidrasi atau kurang cairan.

Buah semangka juga memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan kulit dan rambut. Kadungan vitamin C dalam semangka akan membantu tubuh memproduksi kolagen yang bermanfaat untuk pembentukan jaringan kulit dan rambut. Selain itu, semangka juga mengandung vitamin A yang membantu produksi dan perbaikan sel-sel kulit.

Namun agar kandungan nutrisi dalam semangka tetap terjaga, perlu diperhatikan cara penyimpanannya. Penelitian menunjukkan jika semangka disimpan dalam suhu ruangan, kandungan beta karoten di dalamnya dapat meningkat hingga 139 persen. Sedangkan kandungan likopen akan meningkat hingga 40 persen.

Dianjurkan tidak menyimpan semangka dalam lemari es. Pasalnya semangka justru lebih cepat busuk jika disimpan di kulkas. Sebaiknya semangka disimpan dalam suhu ruangan.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Abdillah Ahsan, Dr., S.E, M.S.E.

Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas indonesia, Peneliti Lembaga Demografi FEB UI