Dianggap Tanaman Liar, Rumput Krokot Ternyata Bisa Sehatkan Mata, Usus, Cegah Stroke dan Autis
berita
Rumput Krokot
12 November 2020 06:00
Watyutink.com - Sudah banyak orang yang tahu rumput krokot. Pasalnya tanaman ini sudah banyak ditanam sebagai penghias taman atau halaman. Namun banyak pula yang beranggapan krokot adalah tanaman liar. Sehingga rumput krokot justru dibuang karena dianggap tanaman penganggu. 

Tapi tidak banyak yang tahu kalau rumput krokot bisa dimakan. Bahkan tanaman ini diyakini memiliki manfaat bagi kesehatan. Pasalnya rumput krokot mengandung berbagai zat yang berguna bagi tubuh. 

Tahukah Anda apa saja manfaat rumput krokot bagi kesehatan? 

Rumput krokot diketahui mengandung omega 3. Hal ini membuat tanaman ini berguna untuk pertumbuhan anak. Selain itu mengonsumsi rumput krokot berguna mencegah autis dan gangguan ADHD atau attention deficit hyperactivity disorder. 

ADHD adalah adalah gangguan mental yang menyebabkan seorang anak sulit memusatkan perhatian. Selain itu anak ADHD memiliki perilaku impulsif dan hiperaktif, sehingga mempengaruhi prestasi anak di sekolah

Rumput krokot terutama daunnya juga berguna menurunkan berat badan. Pasalnya krokot mengandung nutrisi yang rendah kalori. Sehingga jika dikonsumsi tidak membuat tubuh bertambah gemuk. 

Selain itu rumput krokot juga berguna untuk kesehatan usus. Beberapa gangguan usus yang bisa diatasi dengan mengonsumsi rumput krokot antara lain,  wasir, diare, cacingan, disentri dan masih banyak lagi. Bahkan di China, rumput krokot menjadi obat tradisional yang disebut Ma Chi Xian. 

Krokot juga berguna untuk menjaga kesehatan mata. Pasalnya krokot kaya akan kandungan vitamin A dan beta karoten.  Itulah sebabnya mengonsumsi rumput krokot bisa mencegah gangguan mata seperti katarak dan degenerasi makula. Krokot juga mampu melindungi sel-sel mata dari kerusakan akibat paparan radikal bebas. 

Vitamin A dan beta karoten dalam krokot juga berguna menjaga kesehatan kulit. Mengonsumsi krokot akan membuat kulit bebas kriput dan mencegah penuaan dini. 

Krokot juga berguna untuk menjaga kesehatan jantung. Kandungan omega 3 dalam krokot mampu mengurangi kadar kolesterol jahat atau Low-density lipoprotein (LDL). Itulah sebabnya mengonsumsi krokot akan membuat kadar kolesterol dalam darah seimbang dan mencegah stroke, serangan jantung dan risiko kardiovaskular dan aterosklerosis.

Krokot juga bersifat antioksidan dan antiproliferatif. Itulah sebabnya mengonsumsi krokot dapat melindungi tubuh dari efek buruk radikal bebas yang memicu penyakit kronis termasuk kanker. 

Untuk mendapatkan manfaat rumput krokot bisa dengan mengolahnya menjadi anek sayuran. Sebelumnya daun krokot harus dicuci bersih dan kemudian dibiarkan menjadi kering. Mengonsumsi krokot dalam kondisi kering akan membuat khasiat dan manfaatnya bisa diperoleh dengan lebih maksimal. 

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

TOPIK TERPOPULER

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF