Di Negara-negara Ini Koruptor Digantung, Ditembak, Dimiskinkan dan Dikucilkan, Bukan Dipotong Hukumannya
berita
Foto Istimewa
18 June 2020 06:00
Watyutink.com – Kasus korupsi terjadi hampir diseluruh negara. Meskipun merugikan banyak orang, tidak semua negara memberikan hukuman ekstrem bagi tersangkanya. Berbeda dari yang lain, 8 negara ini memberikan hukuman ekstrem bagi tersangka kasus korupsi untuk memberikan efek jera.

Tahukah Anda hukuman ekstrem yang diberikan oleh 8 negra ini bagi para koruptornya?

Malaysia, Arab Saudi, Singapura, China memberlakukan hukuman mati. Malaysia dengan cara digantung, Arab Saudi dengan cara di pancung, Singapura dengan cara ditembak mati, dan China digantung atau ditembak mati di depan banyak orang.

Jerman menerapkan hukuman seumur hidup serta diminta untuk mengembalikan seluruh harta hasil korupsinya. Meskipun tidak memiliki lembaga yang menangani korupsi, hukuman ini mampu membuat Jerman masuk dalam 10 besar negara dengan tingkat korupsi terendah.

Korea Selatan, Jepang menerapkan hukuman berat serta dikucilkan oleh keluarga mereka sendiri. Tidak heran jika hukuman ini mampu membuat pelaku depresi hingga bunuh diri.

Amerika Serikat menerapkan hukuman penjara dan denda. Untuk kasus berat, pelaku dapat dikenakan denda mencapai 2 juta dollar serta dicabut kewarganegaraannya.

Apakah bangsa kita perlu melakukan hal yang sama untuk benar-benar bersih dari korupsi?

(Zc)

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF