Di Jerman, Mancing Wajib Punya SIM (Surat Ijin Mancing)
berita
Sumber Foto : markt.de
06 December 2018 16:55
Watyutink.com - Anda suka mancing? Jika benar, maka Anda beruntung hidup di Indonesia karena dapat menyalurkan hobi sesukanya.

Tahukah Anda, di Jerman seseorang harus mempunyai surat ijin memancing untuk bisa memancing ikan.

SIM (Surat Ijin Memancing) dalam Bahasa Jerman disebut “Angelschein”. Di Kota Brandenburg yang berdekatan dengan Berlin, Ibu Kota Jerman , seseorang wajib memiliki Angelschein jika ingin memancing.

Cara mendapatkannya pun tidak mudah. Seseorang harus mengikuti penataran atau Lehrgang selama 2 hari. Dalam penataran tersebut disampaikan berbagai hal, mulai dari teknik memancing hingga cara menjaga keindahan dan kelestarian alam melalui memancing. Selanjutnya barulah seseorang mengikuti ujian.

Upaya ini rupanya dilakukan pemerintah Kota Brandenburg demi menjaga kelestarian, kebersihan dan keindahan sungai dan danau yang ada di kota itu. Sanksi denda sebesar 50 ribu Euro  atau sekityar Rp 600 juta  bagi yang nekat mancing tanpa memiliki SIM.

Bagaimana dengan di sini? Memancing bisa bebas dilakukan. Kebebasan yang diberikan negara rupanya tidak selalu dibarengi kesadaran warga dalam menjaga kelestarian lingkungan. Penggunaan peralatan terlarang, seperti bom ikan, pukat harimau, atau zat-zat beracun seringkali menyebabkan kerusakan lingkungan, terutama ekosistem di laut dan pantai.

Jadi bersyukurlah karena di Indonesia mancing bisa bebas dilakukan, tapi jangan lupa menjaga kelestarian lingkungan.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

TOPIK TERPOPULER

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Imam Ghozali

Dosen STAIN Bengkalis

Ujang Komarudin, Dr., M.Si.

Pengamat Politik dan Dosen Universitas Al Azhar Indonesia

Gigin Praginanto

Pengamat Kebijakan Publik, Wartawan Senior

FOLLOW US

Bilik Asmara adalah Hak Tahanan yang Harus Dipenuhi             Kedua Kubu Harus Menghormati Proses Hukum             Vandalisme dan Playing Victim sudah Usang             Investasi Dana Haji Untuk Siapa?             Batas Kesopanan Tidak Diatur dengan Jelas             Iklan Shopee BLACKPINK Berpotensi Menentang Norma Kesopanan              Jangan Abai dengan Jalan Rusak Dimusim Hujan             Revisi PP untuk Kemudahan Usaha Sektor Minerba             Tolak Rencana Revisi Ke-6 PP No.23 Tahun 2010              Kembali ke Permurnian Pelaksanaan Undang-Undang