Di Jerman, Mancing Wajib Punya SIM (Surat Ijin Mancing)
berita
Sumber Foto : markt.de
06 December 2018 16:55
Watyutink.com - Anda suka mancing? Jika benar, maka Anda beruntung hidup di Indonesia karena dapat menyalurkan hobi sesukanya.

Tahukah Anda, di Jerman seseorang harus mempunyai surat ijin memancing untuk bisa memancing ikan.

SIM (Surat Ijin Memancing) dalam Bahasa Jerman disebut “Angelschein”. Di Kota Brandenburg yang berdekatan dengan Berlin, Ibu Kota Jerman , seseorang wajib memiliki Angelschein jika ingin memancing.

Cara mendapatkannya pun tidak mudah. Seseorang harus mengikuti penataran atau Lehrgang selama 2 hari. Dalam penataran tersebut disampaikan berbagai hal, mulai dari teknik memancing hingga cara menjaga keindahan dan kelestarian alam melalui memancing. Selanjutnya barulah seseorang mengikuti ujian.

Upaya ini rupanya dilakukan pemerintah Kota Brandenburg demi menjaga kelestarian, kebersihan dan keindahan sungai dan danau yang ada di kota itu. Sanksi denda sebesar 50 ribu Euro  atau sekityar Rp 600 juta  bagi yang nekat mancing tanpa memiliki SIM.

Bagaimana dengan di sini? Memancing bisa bebas dilakukan. Kebebasan yang diberikan negara rupanya tidak selalu dibarengi kesadaran warga dalam menjaga kelestarian lingkungan. Penggunaan peralatan terlarang, seperti bom ikan, pukat harimau, atau zat-zat beracun seringkali menyebabkan kerusakan lingkungan, terutama ekosistem di laut dan pantai.

Jadi bersyukurlah karena di Indonesia mancing bisa bebas dilakukan, tapi jangan lupa menjaga kelestarian lingkungan.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Ujang Komarudin, Dr., M.Si.

Pengamat Politik dan Dosen Universitas Al Azhar Indonesia

Nailul Huda

Peneliti INDEF

FOLLOW US

Perempuan yang Terlibat dalam Terorisme Merupakan Korban             Kelompok Radikal Di Indonesia Telah Bertransformasi             Anggaran Apel Kebangsaan Kurang Proporsional             Apel Kebangsaan: Mestinya Undang Tokoh dari Dua Kubu             Utang Luar Negeri dan Cadangan Devisa             Pengelolaan Utang: Apakah Efektif dan Efisien?             Korupsi Politik Makin Menjadi-jadi             Awal Reformasi, PPP Gigih Dukung Pembentukan UU KPK             Kinerja Memang Naik,Tapi Bukan Akselerasi             Harus Menunggu Laporan Keuangan Resmi BUMN