Daun Ubi Jalar, Dapat Menyehatkan Tulang dan Mencegah Kebutaan
berita
Sumber Foto : youtube.com
30 January 2019 17:10
Watyutink.com - Selama ini kita hanya mengenal  ubi jalar sebagai bahan makanan. Umbi-umbian yang juga bernama Telo ini sering diolah menjadi makanan tradisional seperti gethuk, kripik atau untuk campuran kolak. Kepopuleran umbi ubi jalar mengalahkan manfaat daunnya yang ternyata dapat menyembuhkan berbagai penyakit.

Tahukah Anda, apa saja manfaat daun ubi jalar?

Daun ubi jalar ternyata mengandung vitamin B6, C, dan riboflavin yang sangat bagus untuk kesehatan jantung. Kandungan nutrisinya bahkan tiga hingga lima kali lebih banyak daripada sayuran hijau lainnya. Selain itu daun ubi jalar juga mengandung vitamin D dan K yang dapat mencegah osteoporosis atau pengeroposan tulang. Kadungan kalsium yang seimbang pada daun ubi jalar juga diyakini dapat menyehatkan tulang, terutama bagi wanita yang sudah memasuki masa menopause.

Bagi wanita, daun ubi jalar juga dapat mengatasi rasa nyeri saat haid. Selain itu kadungan vitamin K juga dapat mempercepat pembekuan darah. Sehingga mencegah perdarahan yang berlebihan saat menstruasi.

Sebuah studi menunjukkan, bahwa asupan vitamin A, C, E dan zat besi serta tembaga pada daun ubi jalar membantu mengurangi kemungkinan degenerasi makula sebesar 25 persen. Degenersi makula adalah salah satu kelainan mata yang dapat menyebab kebutaan.

Ada beragam cara untuk mengambil manfaat daun ubi jalar sebagai obat herbal. Cara termudah adalah memakannya sebagai lalapan atau tumis-tumisan. Bisa juga dengan cara membuat rebusan daun ubi jalar dan selanjutnya meminumnya.

Sedangkan untuk mengobati luka luar seperti bengkak dan bisul cukup dengan menghaluskan beberapa helai daun ubi jalar. Selannjutnya tempelkan pada bagian tubuh yang bengkak atau bisulan.

SHARE ON
OPINI PENALAR

PILIHAN REDAKSI

close

PENALAR

PILIHAN REDAKSI

PENALAR TERPRODUKTIF

Ujang Komarudin, Dr., M.Si.

Pengamat Politik dan Dosen Universitas Al Azhar Indonesia

Christianto Wibisono

Analis Bisnis/ Pendiri Pusat Data Bisnis Indonesia (PDBI)

Jerry Massie, Dr., M.A., Ph.D.

Direktur Eksekutif Political and Public Policy Studies

FOLLOW US

Temuan TPF Novel Tidak Fokus             Bentuk TGPF Independen untuk Kasus Novel Baswedan             Pilah Skema Untuk Proyek Strategis             Risiko Penyertaan Equity Proyek Macet             Diskresi Kepolisian Bermasalah?             Penanganan Tak Sesuai Perkap             Polisi Tidak Dikondisikan Menjadi Arogan             Kita Tidak Dapat Menduga Kondisi Mental Polisi saat Menembak             MPLS Harus Diselenggarakan Sesuai Pedoman             Pendidikan Swasta Semi Militer Harus Ditertibkan