Daun Suruhan, Herbal Alami yang Mampu Obati Asam Urat, Batu Ginjal, Kolesterol dan Cegah Kanker
berita
Daun Suruhan/ Net
16 June 2021 08:00
Watyutink.com – Nama daun suruhan mungkin masih terdengar asing di telinga sebagian orang. Namun jika melihat langsung, bisa jadi orang akan langsug mengenalnya. Pasalnya daun suruhan banyak ditemukan di sekitar kita. Tanaman ini juga sangat mudah tumbuh, biasanya bersama rumput liar dan ilalang. Itulah sebabnya banyak yang menduga tanaman suruhan adalah tanaman yang tidak berguna, layaknya gulma atau tumbuhan liar.

Padahal daun suruhan sejatinya kaya akan manfaat bagi kesehatan. Tanaman ini dikenal kaya akan kandungan senyawa yang berguna untuk menjaga kebugaran tubuh. Daun suruhan juga bisa diolah menjadi obat alami bagi berbagai jenis penyakit.

Tahukah, Anda apa saja manfaat daun suruhan bagi kesehatan?

Tanaman suruhan mempunyai banyak sebutan. Orang Sunda menyebutnya Rangu-rangu, orang Jawa menyebutnya Saladan, orang Maluku menyebutnya Gofu Goroho. Tanaman ini mempunyai ciri ukurannya yang kecil dengan akan dan tangkai pendek. Tanaman suruhan ini bisa dengan mudah ditemukan di sekitar sawah atau tanah yang lembab.

Para ahli pengobatan herbal sudah lama mengetahui manfaat daun suruhan. Daun suruhan dikenal kaya akan kandungan nutrisi, seperti kalsium, magnesium, natrium, kalium, fosfor, tanin, alkaloid, minyak atsiri, pellucida, fitol, fenetilalkohol, dan lemak. Selain itu daun suruhan juga mengangung antibiotik, analgesik, anti-inflamasi, dan diuretik. Itulah sebabnya daun suruan berguna mengatasi berbagai jenis gangguan kesehatan, salah satunya untuk membunuh bakteri.

Daun suruhan dipercaya sebagai obat herbal yang dapat menangkal serangan bakteri dan kuman. Akibatnya tubuh terlindungi dari berbagai penyakit baik ringan maupun berat. Sebuah penelitian membuktikan daun suruhan mengandung senyawa patuloside A dan glikosida xanthone yang memiliki efek sangat kuat dalam melawan bakteri dalam tubuh. Daun suruhan juga mempunyai fungsi anti inflamasi yang dapat menyembuhkan peradangan dan nyeri.

Daun suruhan juga bisa digunakan untuk mengatasi penyakit asam urat. Pasalnya daun suruhan mengandung ekstrak etanol. Caranya pun sangat mudah, ambil dan bersihkan lima gram daun suruhan segar. Rebus bersama sekitar dua liter air dengan api kecil hingga tersisa satu gelas. Minum secara rutin dua kali sehari.

Daun suruhan juga bermanfaat untuk menyehatkan ginjal. Selain itu daun suruhan juga bisa berfungsi sebagai obat anti kanker. Kandungan senyawa Pellucida dalam ekstrak daun suruhan diyakini dapat menghambat pertumbuhan sel kanker. Daun suruhan juga mempunyai fungsi sebagai antioksidan alami yang dapat menangkal radikal bebas, salah satu faktor penyebab kanker.

Ambil dan bersihkan pohon suruhan segar yang sudah berukuran 10 centimeter. Rebus dengan tiga gelas air hingga tersisa dua gelas. Minum secara rutin dua kali sehari. Pastikan air rebusan dalam kondisi segar dan hindari menyimpannya.

Rutin mengkonsumsi air rebusan daun suruhan juga bisa menurunkan kadar kolesterol. Air rebusan daun suruhan membuat kadar kolesterol dalam tubuh tetap stabil.

Bagi perempuan daun suruhan juga bisa mengatasi sakit atau nyeri saat datang bulan atau menstruasi. Terlebih penggunaan daun suruhan tidak menimbulkan efek samping. Daun suruhan juga dapat meningkatkan stamina dan kebugaran tubuh. Selain itu mengkonsumsi air rebusan daun suruhan juga bisa menghilangkan rasa letih, pegal, linu dan tidak bertenaga.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

TOPIK TERPOPULER

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF