Daun Merdeka, Tumbuh Liar di Sekitar Kita yang Ampuh Sembuhkan Asam Urat, Diabetes, Maag dan Kista
berita
Daun Merdeka
20 November 2020 06:00
Watyutink.com – Banyak dari kita yang tidak mengetahui ada tanaman yang disebut sebagai daun merdeka. Padahal daun ini bisa ditemui dengan mudah. Pasalnya daun merdeka adalah tanaman perdu yang banyak tumbuh di hampir seluruh wilayah Indonesia.

Meski hanyalah tanaman liar, daun merdeka ternyata kaya akan kandungan zat yang bermanfaat bagi kesehatan. Itulah sebanya tanaman yang juga dikenal dengan nama daun bandotan itu banyak dimanfaatkan sebagai bahan membuat obat-obatan tradisional.

Tahukah Anda, apa saja manfaat daun merdeka atau bandotan bagi kesehatan?

Daun merdeka mempunyai nama latin Chromolaena Odorata. Daun ini tumbuh dengan ciri khas bau yang cukup  menyengat. Bau ini diyakini bersumber dari kandungan zat kimia dan zat aktif, seperti kumarin, minyak esensial, dan alkaloid khususnya jenis alkaloid pirolizidina. Pada umumnya daun merdeka tumbuh tidak terlalu tinggi.

Kandungan zat kimia yang dimilikinya membuat daun bandotan bermanfaat sebagai obat bagi beberapa penyakit, seperti asam urat. Kandungan flavonoid, glikosida dan tanin dalam daun merdeka diketahui bermanfaat meredakan peradangan, termasuk akibat asam urat. Caranya, ambil beberapa lembar daun bandotan, cuci bersih. Tumbuk daun hingga halus dan tempelkan di area tubuh yang merasa sakit. Bisa juga dengan merebus daun bandotan dan meminumnya.

Daun merdeka juga bermanfaat untuk mengatasi kista atau tumor jinak. Meski jika, jika tidak segera ditangani, kista atau tumor bisa berubah menjadi berbahaya. Caranya, rebus beberapa lembar daun merdeka dan minum secara rutin. Air rebusan daun merdeka juga bermanfaat mengatasi pendarahan dan tumor rahim. Namun akan lebih baik jika disertai dengan penanganan dokter.

Daun merdeka juga berguna mencegah diabetes atau penyakit kencing manis. Pasalnya kandungan mineral dan zat kimia dalam daun merdeka berguna mengontrol dan menjaga kadar gula darah agar tetap normal. Caranya dengan rutin mengonsumsi atau meminum air rebusan daun merdeka. Namun harus pula disertai dengan pola hidup sehat dan menghindari penumpukan lemak dalam tubuh.

Jika Anda, menderita penyakit radang telinga yang tak kunjung sembuh, daun bandotan bisa menjadi alternatif. Selain berusaha memeriksakan ke dokter, ramuan daun bandotan tidak ada salahnya dicoba. Caranya cukup mudah, rebus beberapa lembar daun bandotan. Saat sudah menjadi dingin, teteskan air rebusan tersebut ke telingan yang sakit.

Daun merdeka juga bisa digunakan sebagai obat sakit maag. Caranya serupa dengan yang lain, yakni mengonsumsi air rebusan daun merdeka saat perut terasa sakit dan melilit akibat serangan maag. Daun merdeka juga mampu mengatasi penyakit mata, seperti mata merah, belekan, dan sebagainya. Caranya, tumbuk daun merdeka sampai halus. Teteskan air dari perasan daun merdeka ke mata yang sakit.

Daun merdeka juga bermanfaat menyembuhkan luka atau koreng di kulit. Caranya, tumbuk beberapa lembar daun merdeka. Campur dengan sedikit minyak kelapa atau minyak goreng dan tempelkan pada kulit yang terluka.

Namun, perlu diingat penggunaan daun merdeka juga memiliki efek samping. Pasalnya daun merdeka juga mengandung racun yang bisa membawa akibat buruk bagi kesehatan. Itulah sebabnya jangan mengonsumsi daun merdeka secara berlebihan. Hindari pula mengonsumsi daun merdeka atau bandotan dalam waktu lama.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

TOPIK TERPOPULER

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF