Daun Matoa, Tumbuh di Pedalaman Papua, Ampuh Cegah Hipertensi, Diabetes, Batu Ginjal dan Stroke
berita
Tanaman Matoa
22 November 2020 06:00
Watyutink.com - Daun matoa mungkin masih belum banyak dikenal orang. Padahal matoa adalah tanaman asli Indonesia. Tanaman matoa banyak tumbuh di hutan pedalaman Papua.

Selain itu daun matoa juga dikenal bermanfaat untuk pengobatan berbagai jenis  penyakit. Pasalnya daun matoa memiliki kandungan senyawa atau zat kimia yang berguna untuk kesehatan.

Tahukah Anda, apa saja manfaat daun matoa untuk kesehatan?

Tanaman matoa berasal dari Papua dan termasuk dalam katagori pohon besar. Tanaman ini bisa tumbuh hingga mencapai tinggi delapan meter. Daunnya majemuk dan tersusun empat hingga 12 lembar setiap batangnya. Tekstur daun matoa kaku dengan permukaannya halus yang ujung daun meruncing, tumpul di bagian pangkal, serta rata di bagian tepi daun.

Daun matoa berwarna merah cerah saat masih muda dan berubah jadi hijau setelah matang. Daun matoa berbentuk jorong dengan panjang 30 sampai 40 sentimeter dengan lebar delapan sampai 15 sentimeter.

Dalam daun matoa terkandung senyawa aktif tanin dan saponin. Hal inilah yang membuat daun matoa bermanfaat untuk obat berbagai jenis penyakit, seperti batu ginjal. Mengonsumsi air rebusan daun matoa diyakini dapat menghancurkan batu ginjal dan mengeluarkannya melalui urin atau air seni.

Daun matoa juga mampu mengatasi penyakit batu empedu. Penyakit ini biasanya disembuhkan dengan cara operasi. Namun selain operasi batu empedu bisa disembuhkan dengan cara alami menggunakan daun matoa. Caranya dengan rutin mengonsumsi air rebusan daun matoa.

Daun matoa juga bisa membantu mengurangi risiko diabetes atau penyakit kencing manis. Pasalnya daun matoa diyakini bisa membantu kerja organ pankreas dalam memproduksi insulin. Caranya, ambil beberapa lembar daun matoa, cuci hingga bersih. Rebus dengan air hingga mendidih dan airnya berubah menjadi kemerahan. Minum secara rutin untuk mendapatkan hasil maksimal.

Minum rebusan daun matoa juga berguna mengatasi penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi. Selain itu senyawa alami dalam daun matoa juga berguna memperlancar aliran darah pada jantung. Hal ini juga bisa menghindarkan diri dari penyakit kronis lain seperti stroke dan gagal ginjal.

Air rebusan daun matoa juga bermanfaat untuk kesehatan kulit. Pasalnya rutin minum air rebusan daun matoa membuat kulit lebih kencang. Selain itu mengonsumsi rebusan daun matoa bisa mencegah penuaan dini.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

TOPIK TERPOPULER

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF