Daun Mangkokan, Tanaman Pagar yang Bisa Bikin Tubuh Bugar
berita

14 April 2019 17:00
Watyutink.com - Daun mangkokan adalah salah satu tanaman yang sangat populer di Indonesia. Pasalnya tanaman ini sangat mudah tumbuh. Itulah sebabnya tanaman ini sering digunakan sebagai tanaman pagar atau penghias halaman rumah. 

Ternyata selain untuk memperindah taman atau halaman, daun mangkokan juga memiliki manfaat untuk kesehatan.

Tahukah Anda, apa saja manfaat daun mangkokan untuk kesehatan?

Sesuai namanya, tanaman ini mempunyai daun berbentuk cekung seperti mangkok. Daun mangkokan diketahui memiliki kandungan serat yang sangat tinggi. Itulah sebabnya daun mangkokan sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan. Mengkonsumsi daun mangkokan secara rutin dapat menghindarkan kita dari gangguan pemcernaan seperti sembelit, diare dan buang air kecil tidak lancar. 

Daun mangkokan juga memiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi. Zat besi adalah mineral yang baik untuk memperlancar peredaran darah. Itulah sebabnya mengkonsumsi daun mangkokan dapat mencegah tubuh mengalami penyumbatan pembuluh darah. Selain itu daun mangkokan dapat membantu mengoptimalkan pasokan darah dan oksigen ke dalam organ-organ tubuh. 

Kandungan zat besi dalam daun mangkokan juga dapat menghindarkan kita dari anemia atau kurang darah. 
Anemia biasanya ditandai dengan rasa lemas, letih, mudah lelah, pusing dan sakit kepala. Selain itu tubuh sering merasa dan mudah terserang penyakit. 

Rutin mengkonsumsi daun mangkokan diyakini dapat menghindarkan kita dari kondisi-kondisi tersebut.

Daun mangkokan juga kaya akan vitamin A. Itulah sebabnya daun mangkokan bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata. Mengkonsumsi daun mangkokan bisa menghindarkan kita dari penyakit katarak, mata minus, dan rabun.
 
Sedangkan kandungan vitamin C dalam daun mangkokan bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu tubuh juga bisa terhindar dari penyakit flu dan sariawan. 

Daun mangkokan juga memiliki kandungan vitamin D, kalsium dan fosfor. Ketiganya dikenal sebagai zat yang bisa menyehatkan dan memperkuat tulang. Bagi anak-anak atau remaja yang masih dalam masa pertumbuhan, mengkonsumsi daun mangkokan dapat membantu menambah tinggi badan.

Untuk mengkonsumsi daun mangkokan caranya tidak sulit. Daun ini bisa dijadikan lalapan dengan cara direbus atau diolah menjadi aneka masakan seperti tumis daun mangkokan. 

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Ujang Komarudin, Dr., M.Si.

Pengamat Politik dan Dosen Universitas Al Azhar Indonesia

Karyono Wibowo

Pengamat Politik. Peneliti di Indo Survey & Strategy. Peneliti Senior Indonesian Public Institute (IPI)

Jerry Massie, Dr., M.A., Ph.D.

Direktur Eksekutif Political and Public Policy Studies

FOLLOW US

Perhatikan Belanja Non K/L yang Semakin Membesar             GBHN Isu Elite Politik Saja             Kepentingan Politik Lebih Menonjol             Dehumanisasi di Hari Kemanusiaan Internasional terhadap Masyarakat Papua             Rasisme Terhadap OAP dan Masa Depan Papua dalam Bingkai NKRI             Ekonomi 2020 Tak Janjikan Lebih Baik             Pertumbuhan 5,3 Persen Sulit Dicapai             Kapan Merdeka dari KUHP Peninggalan Belanda?             Bangsa Parasit             Tinjau Kembali Politik Pangan