Daun Kemangi, Lalapan Sehat Bagi Pengantin Baru yang Ingin Cepat Punya Momongan
berita
Daun Kemangi
27 February 2020 16:30
Watyutink.com – Selama ini kita hanya mengenal taoge sebagai sayuran yang bermanfaat menyehatkan organ reporduksi. Itulah sebabnya pasangan suami istri, terutama pengantin baru dianjurkan memperbanyak makan taoge. Pasalnya sayuran yang juga bernama kecambah ini diyakini akan membuat pasangan suami istri segera mempunyai keturunan. Taoge diyakin bermanfaat meningkatkan kesuburan dan kesehatan organ reporduksi.

Ternyata sayuran yang bermanfaat untuk menjaga fungsi organ reproduksi bukan hanya taoge. Ada lagi sayuran yang sangat dianjurkan untuk meningkatkan kesuburan, yakni daun kemangi.

Tahukah Anda, apa saja manfaat daun kemangi untuk meningkatkan fungsi organ reproduksi?

Daun kemangi selama ini dikenal sebagai sayur yang bisa dikonsumsi tanpa dimasak. Itulah sebabnya kemangi kerap dinikmati untuk lalapan bersama sayuran lainnya. Daun kemangi diketahui memiliki kandungan nutrisi yang sangat dibutuhkan tubuh, diantaranya air, serat, protein, karbohidrat, antioksidan lutein dan zeaxanthin.

Selain itu daun kemangi juga mengandung mineral, seperti kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, folat. Sedangkan kandungan vitamin dalam daun kemangi adalah  vitamin A, B, C, dan K, meskipun jumlahnya sedikit.

Ahli pengobatan herbal, dr Zaidul Akbar dalam akun instagram kajiankesehatanislam memberikan penjelsan manfaat manfaat daun kemangi untuk menunjang kesuburan reproduksi. Daun yang sering dijadikan lalapan ini sangat baik dikonsumsi, baik oleh perempuan maupun laki-laki. Pasalnya daun kemangi memiliki kandungan senyawa eugenol. Bagi perempuan, senyawa ini berguna mencegah keputihan.

Untuk mendukung terjadinya kehamilan, organ reproduksi perempuan harus dalam kondisi sehat. Selain itu harus pula terhindar dari berbagai penyakit, salah satunya adalah keputihan. Daun kemangi juga memiliki kandungan aneol dan boron yang dapat merangsang hormon estrogen. Hal ini menjadikan organ reproduksi perempuan berfungsi dengan lebih baik.

Daun kemangi juga memiliki kandungan stigmasterol yang membuatnya mampu merangsang pematangan sel telur. Akibatnya, sel telur selalu siap dibuahi dan terjadilah ovulasi atau pembuahan.

Daun kemangi juga bermanfaat untuk detoksifikasi tubuh. Hal ini membuat racun dalam tubuh lebih mudah dikeluarkan. Selain itu metabolisme menjadi lebih lancar. Akibatnya kondisi kesehatan perempuan menjadi lebih prima dan siap untuk hamil.

Sedangkan bagi pria, daun kemangi bermanfaat mengatasi ejakulasi dini. Pasalnya daun kemangi memiliki kandungan sineol, senyawa yang sangat baik untuk meningkatkan kualitas sperma. Sehingga sperma selalu siap membuahi sel telur. Daun kemangi juga memiliki kandungan arginine yang jika dikombinasikan dengan sineol dapat meningkatkan vitalitas pria, yang sangat penting untuk terjadinya pembuahan.

Daun kemangi juga berguna untuk mencegah dan mengatasi kemandulan. Hal ini lantaran daun kemangi mengandung zat arigin yang berguna mencegah kemandulan. Selain itu daun kemangi berguna meningkatkan kualitas sperma. Mengonsumsi daun kemangi diyakini mampu meningkatkan daya tahan sperma sehinga bisa mencapai sel telur dan membuahinya.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF