Daun Kemangi, Lalapan Lezat yang Menyehatkan Otak, Jantung, dan Pencernaan
berita

13 April 2019 17:15
Watyutink.com - Kemangi adalah salah satu sayuran sangat populer. Bahkan kamangi menjadi sayuran wajib saat menyantap lalapan. Makan lalapan tanpa daung kemangi rasanya ada yang kurang, begitu ungkapan sebagaian besar orang.

Selain menambah kenikmatan saat makan, ternyata daun kemangi juga memiliki manfaat bagi kesehatan.

Tahukah Anda, apa saja manfaat daun kemangi bagi kesehatan?

Daun kemangi diketahui mengandung betakaroten dan magnesium. Kedua mineral ini sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Itulah sebabnya agar fungsi jantung selalu terjaga, kita disarankan mengkonsumsi daun kemangi. Tentu saja dibarengi olah raga dan melakukan pola hidup sehat.

Daun kemangi juga sangat baik digunakan untuk melindungi tubuh dari serangan diabetes atau kencing manis. Pasalnya zat yang terkandung dalam daun kemangi diyakini dapat membantu tubuh mengontrol kadar gula darah. Untuk itu jangan ragu makan daun kemangi agar gula darah kita tetap normal dan terjaga.

Daun kemangi juga bisa membantu mengatasi masalah pencernaan seperti perut kembung, masuk angin, maag, dan masalah usus. Para ahli kesehatan mengatakan daun kemangi dapat menyembuhkan infeksi usus, muntah, dan radang lambung.

Daun kemangi juga diyakini dapat menjaga kesehatan otak dan mencegah degradasi kognitif. Daun kemangi diketahui mengandung mangan, mineral yang dapat meningkatkan aktivitas pemancar elektronik di otak.

Daun kemangi juga dapat menambah nafsu makan. Pasalnya daun kemangi yang beraroma wangi dapat menggugah selera makan. Terlebih jika kemangi disajikan bersama lauk dan masakan ya g lezat.

Aroma wangi daun kemangi juga bisa menghindarkan kita dari bau mulut dan bau badan tak sedap. Jika tidak ingin memakan daun kemangi secara langsung, Anda bisa membuat perasan daun kemangi ditambah kunyit dan daun beluntas. Minum ramuan tersebut setiap hari.
 

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Ujang Komarudin, Dr., M.Si.

Pengamat Politik dan Dosen Universitas Al Azhar Indonesia

Deddy Herlambang

Pengamat Transportasi

Djoko Setijowarno

Pengamat transportasi

FOLLOW US

Karena Tak Melibatkan Ahli Kesehatan             Perlu Rekayasa Kebijakan Naikkan Daya Beli             Civil Society Perlu Awasi Hitung Suara             Holding BUMN Penerbangan             Saatnya Rekonsiliasi             Klaim Prabowo-Sandi Perlu Dibuktikan             Perlu Sikap Kesatria Merespons Kekalahan Pilpres             KPU Jangan Perkeruh Suasana             Gunakan Mekanisme Demokratik             Pemerintah Harus Bebas dari Intervensi Pengusaha