Daun Bidara, 'Sabun Jenazah' yang Bisa Sehatkan Jantung, Cegah Kanker, Diabetes, Insomnia, dan Maag
berita
Sumber Foto : obatsakit.info
01 October 2020 16:42
Watyutink.com – Banyak orang yang mengaitkan tanaman bidara dengan hal-hal mistis. Mereka beranggapan tanaman bidara adalah alat untuk mengusir hantu, jin, atau makhluk halus lainnya. Orang juga menyebut tanaman bidara, terutama daunnya berguna untuk melawan gangguan sihir. Padahal sejatinya bidara adalah tanaman yang sangat berguna untuk kesehatan.

Manfaat bidara untuk kesehatansudah dikenal sejak lama. Bahkan pohon bidara adalah salah satu tanaman yang disebut dalam Al Qur’an. Nabi Muhammad SAW dalam berbagai hadis mengajarkan bagaiman memanfaatkan tanaman bidara, termasuk sebagai obat untuk berbagai penyakit. Itulah sebabnya bidara dimasukkan sebagai thibbun nabawi atau metode pengobatan yang diajarkan Islam.

Tahukah Anda, apa saja manfaat tanaman bidara untuk kesehatan?   

Bidara adalah tanaman atau pohon yang tumbuh di daerah kering. Sebenarnya bidara menghasilkan buah yang bisa dikonsumsi. Namun bidara lebih dikenal lantaran daunnya yang mempunyai berbagai kegunaan. Fungsi yang paling sering adalah sebagai campuran air untuk memandikan jenazah. Dalam ajaran Islam, sangat dianjurkan memandikan jenazah menggunakan air yang dicampur daun bidara. Fungsinya serupa dengan sabun. Itulah sebabnya daun bidara juga dikenal dengan sebutan 'sabun jenazah.'

Daun bidara ternyata juga memiliki manfaat bagi kesehatan. Pasalnya daun bidara mempunyai kandungan nutrisi yang cukup beragam, seperti protein, lemak, serat, dan air. Daun bidara juga mengandung mineral seperti natrium, magnesium, kalsium dan kalium. Selain itu daun bidara memiliki kandungan senyawa flavanoid, alkaloid dan tanin. Senyawa tersebut berperan penting dalam meningkatkan antioksidan yang berguna melindungi tubuh dari efek buruk radikal bebas penyebab berbagai penyakit, termasuk kanker.

Tanaman dengan nama ilmiah ziziphus mauritiana ini juga bermanfaat meningkatkan kesehatan organ pencernaan. Kandungan serat dalam daun bidara sangat tepat digunakan sebagai obat berbagai masalah pecernaan, seperti maag. Daun bidara mampu meringankan efek negatif asam lambung. Daun bidara juga mampu mengeluarkan berbagai racun dalam pencernaan dan mencegah terjadinya infeksi pada saluran pencernaan.

Untuk mendapatkan manfaat daun bidara sangat mudah, siap beberapa lembar daun bidara. Cuci hingga bersih. Rebus dengan air secukupnya hingga mendidih. Selanjutnya angka dan saring. Tambahkan madu atau perasan jeruk nipis untuk menambah rasa. Bisa juga dengan menyeduh daun bidara dengan air mendidih, layaknya membuat teh. Minum selagi hangat.

Rutin minum air rebusan daun bidara juga mampu menurunkan kadar kolesterol jahat atau low density lipoprotein (LDL). Kolesterol akan larut akibat kandungan serat dalam daun bidara. Selanjutnya kolesterol jahat dikeluarkan melalui urine atau air seni dan fases. Itulah sebabnya rutin minum air rebusan daun bidara juga berguna menjaga kesehatan jantung.

Rutin minum teh daun bidara juga mampu menurunkan risiko penyakit diabetes atau kencing manis. Rebusan daun bidara diyakini dapat mengontrol dan menstabilkan kadar gula darah. Selain itu rebusan air daun bidara juga mampu mengatasi penyakit wasir.

Minum air rebusan daun bidara juga mampu mengatasi gangguan tidur atau insomnia. Hal ini lantaran daun bidara mengandung saponin yang berkhasiat memberikan efek menenangkan. Rutin minum air rebusan daun bidara bisa menjadi obat tidur dan meningkatkan kualitas tidur.

Daun bidara juga ampuh untuk mengobati luka lantaran. Sifat antiinflamasi dan antibakteri yang dimiliki daun bidara dapat membantu penyembuhan luka seperti luka sayatan, lecet, atau goresan. Selain itu, daun bidara juga memililki senyawa yang dapat membantu menyembuhkan luka bakar. Pasalnya daun bidara mempunyai zat yang dapat mempercepat regenerasi kulit.

Untuk menyembuhkan luka, caranya dengan meminum rebusan air daun bidara. Selain itu ambil beberapa lembar daun bidara tumbuk sampai halus lalu campur dengan sedikit air. Balurkan ramuan tersebut pada area kulit yang terluka.

Bagi perempuan, daun bidara bermanfaat untuk melancarkan haid. Daun bidara dapat membantu menyeimbangkan hormon yang menjadi penyebab siklus haid menjadi tidak teratur. Caranya dengan rutin minum air rebusan daun bidara, terutama saat sedang datang bulan atau menstruasi.

Selain itu daun bidara juga bisa digunakan sebagai masker untuk kecantikan wajah. Kandungan antibakteri dalam daun bidara mampu membantu mengatasi jerawat. Selain itu, daun bidara juga mampu meremajakan kulit dan memberi perlindungan kulit dari sinar UV.

Untuk mendapatkan manfaat daun bidara caranya, siapkan beberapa lembar daun bidara tumbuk sampai halus. Campu dengan air dan perasan lemon, aduk sampai mengental. Oleskan pada wajah layaknya masker. Diamkan selama sekitar 20 menit atau hingga mengering. Setelah itu bilas wajah hingga bersih. Lakukan sebanyak tiga sampai empat kali dalam sepekan, selama dua bulan.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF