Datang Bulan Bermasalah, Atasi dengan Kunyit, Jahe, Madu dan Jeniper
berita
.
10 August 2020 17:08
Watyutink.com - Menstruasi atau datang bulan adalah sesuatu yang dinantikan para wanita. Selain wanita hamil atau ingin hamil dipastikan bakal resah jika 'tamu rutin' itu tidak datang. Itulah sebabnya datang bulan harus dijaga agar rutin dan tidak bermasalah.

Namun ada kalanya seorang wanita menderita gangguan. Menstruasi bermasalah, seperti tidak lancar atau terlambat datang. Wanita akan sangat terganggu dengan kondisi seperti ini. Pasalnya gangguan menstruasi seringkali disertai nyeri, kram perut, dan sebagainya.

Itulah sebabnya para wanita selalu berusaha menghindari masalah menstruasi. Seringkali penggunaan obat-obatan kimia menjadi pilihan lantaran dirasa lebih praktis dan gampang.

Padahal sejatinya masalah datang bulan  bisa diatasi menggunakan bahan alami. Selain mudah didapat, bahan alami juga lebih aman karena bebas kandungan baham kimia.

Tahukah Anda, bahan alami apa yang bisa digunakan untuk mengatasi datang bulan secara alami?

Datang bulan atau haid bermasalah biasanya ditandai dengan mood atau perasaan hati tiba-tiba menjadi hancur. Itulah sebabnya wanita yang sedang datang bulan sering marah-marah tanpa sebab. Emosinya jadi mudah terpancing dan uring-uringan tidak jelas.

Gangguan lain yang diderita adalam sakit perut, kram perut hingga nyeri yang amat sangat. Dalam beberapa kondisi wanita yang mengalami datang bulan bermasalahan harus istirahat total atau bedrest.

Pakar kesehatan herbal, dr Zaidul Akbar mengatakan untuk mengatasi masalah datang bulan, mulailah dengan memperbaiki ‘isi piring.’ Maksudnya adalah dengan mulai mengurangi mengonsumsi makanan yang tidak sehat. Kurangi makanan sintetik yuang mengandung bahan kimia, seperti monosodium glutamate (MSG) dan pengawawet. Bahan kimia yang kerap disebut micin itu diketahui mengandung banyak bahan kimia yang membawa pengaruh buruk bagi kesehatan.

Penulis buku Jurus Sehar Rasulullah ini juga menganjurkan wanita memperbanyak mengonsumsi rempah atau rimpang. Bahan alami dipercaya akan membuat tubuh lebih sehat.  

Bahan alami yang sangat bermanfaat mengatasi masalah datang bulan adalah kunyit dan jahe. Para ahli kesehatan herbal menyebut kunyit sebagai superfood atau makanan super. Pasalnya kunyit mempunyai kandungan nutrisi yang lengkap. Salah satu manfaat kunyit adalah sebagai pereda nyeri, termasuk nyeri yang dirasakan wanita saat haid. Para ahli kesehatan menyebut kunyit memiliki sifat analgesik yang bisa mengurangi rasa nyeri.

Kandungan aktif kurkumin dalam kunyit diyakini dapat meredakan kram perut. Pasalnya kunyit juga memiliki fungsi antiperadangan yang mampu memberikan rasa tenang pada otot rahim, perut dan usus. Sehingga kontraksi otot yang dialami saat datang bulan tidak akan terasa begitu menyakitkan.

Kunyit juga bermanfaat untuk mengatur siklus haid. Normalnya, wanita mengalami menstruasi dalam 28 hari. Namun saat mengalami  gangguan, datang bulan molor hingga 35 hari bahkan lebih. Jika dibiarkan kondisi ini akan menjadi lebih parah. Darah menstruasi akan menjadi lebih deras atau justru lebih sedikit.

Mengonsumsi ramuan kunyit akan membuat siklus haid menjadi lancar dan teratur secara alamiah. Pasalnya kuyit kaya akan kandungan estrogen yang sangat berguna bagi wanita yang sedang datang bulan.

Untuk membuat ramuan pereda datang bulan, siapkan bahan-bahan berupa, kunyit dan jahe masing-masing sebesar ibu jari. Jeruk nipis dan madu secukupnya.

Seduh jahe dan kunyit dengan 300 mililiter air panas. Biarkan hingga menjadi hangat. Tambahkan air jeruk nipis peras atau jeniper dan madu secukupnya. Minum masing-masing satu gelas sebelum tidur dan saat bangun pagi. Lakukan dengan rutin selama datang bulan bermasalah.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF