Cuaca Panas, Konsumsi Makanan dan Minuman Ini Agar Tubuh Tetap Fit
berita
sumber Foto : detik.com
24 October 2019 15:00
Watyutink.com – Cuaca panas dan kering membuat debu dan polusi semakin meningkat. Selain itu, kontaminasi jamur dan bakteri disinyalir lebih tinggi kemungkinan terjadi saat cuaca panas. Bila sistem imun menurun, tubuh akan rentan terhadap penyakit. Mengkonsumsi makanan yang tepat dapat menjaga tubuh tetap fit meskipun cuaca terik melanda.

Tahukah Anda makanan dan minuman yang dapat menjaga kondisi tubuh saat cuaca panas?

Semangka

Cuaca panas membuat tubuh mudah terkena dehidrasi. Semangka merupakan buah yang mengandung 92 persen air. Mengkonsumsi buah semangka, mampu mencegah tubuh kekurangan cairan. Selain itu buah semangka mampu melindungi kulit dari bahaya sinar matahari.

Mangga

Mangga merupakan buah yang kaya kalium. Kalium berfungsi mengendalikan tekanan darah serta detak jantung. Ion ini dapat keluar dari tubuh bersamaan dengan keringat. Mengingat tubuh mudah berkeringat saat cuaca panas, maka jangan lupa perbanyak makan buah manga untuk mencegah defisit kalium.

Baca Juga

Mentimun

Timun mengandung vitamin C yang mampu menjaga tubuh dari efek radikal bebas. Selain itu, kandungan air yang tinggi ampuh mencegah dehidrasi dalam tubuh.

Jagung

Saat cuaca terik, kulit akan mudah kering, terbakar, pori-pori membesar hingga timbulnya tanda-tanda penuaan dini. Untuk mencegahnya, maka tubuh perlu banyak makan makanan yang kaya akan antioksidan seperti jagung. Kandungan antioksidan dalam jagung, mampu menangkal efek buruk sinar matahari.

Yogurt

Yogurt merupakan hasil fermentasi susu yang kaya akan prebiotik. Prebiotik dalam yogurt mampu memperbanyak jumlah bakteri baik dalam usus, sehingga mampu mengoptimalkan penyerapan nutrisi dalam makanan serta mengatasi masalah pencernaan seperti diare, infeksi, dan sembelit.

Air Kelapa Muda

Beraktivitas saat cuaca panas membuat ion tubuh cepat hilang. Air kelapa kaya akan elektrolit yang mampu menggantikan ion tubuh yang hilang saat beraktivitas. Selain itu, air kelapa juga mengandung vitamin dan mineral yang ampuh meningkatkan kekebalan tubuh.

(GD)

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Yahya Agung Kuntadi, Ir., M.M.

Kepala Kantor UGM Kampus Jakarta, Institute of Research and Community LPPM UGM

Defiyan Cori, Dr.

Ekonom Konstitusi

Fithra Faisal Hastiadi, Dr., S.E., MSE., M.A

Direktur Eksekutif Next Policy, Dosen FEB UI

FOLLOW US

Figur Menjadi Penting untuk Melaksanakan Dua Peran BUMN             Restrukturisasi, Reorganisasi untuk Efisiensi dan Efektivitas BUMN             Kembalikan Proses Pemilihan Pejabat BUMN kepada Spirit Reformasi             Tidak Pada Tempatnya Meragukan Data BPS             Harus Disadari, Ada Akar Masalah yang Tidak Diselesaikan             Sektor Konsumsi Harus Tetap Didorong             Data Angka Konsumsi dan Investasi Masih Menunjukkan Peningkatan             Rakyat Harus Diuntungkan dalam Jangka Pendek             Jangan Kejar Target Pembangunan Fisik Saja             Kemampuan Investasi dalam Menyerap Tenaga Kerja Semakin Rendah