Chia Seed, Herbal Super yang Ampuh Sehatkan Jantung, Pencernaan, dan Tulang
berita
Chia Seed
04 August 2020 06:00
Watyutink.com – Banyak diantara kita yang belum mengenal Chia Seed. Jangankan tahu, mendengar pun tidak pernah. Padahal bahan makanan ini sekarang sedang banyak digemari. Pasalnya chia seed dipercaya kaya akan kandungan nutrisi yang berguna bagi kesehatan. Mengonsumsi chia seed sangat tepat bagi mereka yang menerapkan pola hidup sehat.

Tahukah Anda apa itu chia seed?

Chia seed atau biji chia adalah bahan makanan berupa biji-bijian kecil berwarna hitam dan putih. Meski berukuran kecil, kandungan nutrisi dalam chia seed sangat banyak. Biji-bijian yang berasal dari tanaman Salvia Hispanica ini kaya akan kandungan omega-3, antioksidan, serat, zat besi, dan kalsium. Selain itu chia seed juga menjadi sumber fosfor, mangan, kalium, dan tembaga yang baik untuk kesehatan.  

Berbagai kandungan nutrisi tersebut menjadikan chia seed bermanfaat untuk menjaga kebugaran tubuh, salah satunya untuk melancarkan pencernaan. Kadungan serat yang cukup tinggi juga dapat mengurangi kandungan lemak dalam tubuh. Pasalnya chia seed bisa membantu mengeluarkan sisa makanan yang menumpuk di tubuh. Sisa makanan itulah yang jika menumpuk akan menjadi lemak.

Chia seed juga sangat baik dikonsumsi orang yang ingin menurunkan berat badan. Kandungan serat dalam chia seed akan membuat kenyang lebih lama. Kandungan protein dalam chia seed akan menjadikan tubuh tidak mudah lapar.

Chia seed juga baik untuk menjaga kesehatan jantung. Pasalnya biji-bijian ini mempunyai fungsi menurunkan kadar kolesterol jahat atau low-density lipoprotein (LDL). Kolesterol sangat bertanggung jawab terhadap risiko serangan jantung. Jika kadar LDL bisa diturunkan, kesehatan jantung pun semakin terjaga.

Selain itu chia seed juga mencegah serangan stroke. Pasalnya kandungan omega-3 pada chia seed dapat mengurangi produksi trigliserida dan tekanan darah. Detak jantung pun menjadi lebih teratur dan stabil dengan rutin mengonsumsi chia seed.

Sedangkan kandungan kalsiuam dan fosfor dalam chia seed sangat baik digunakan untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Ditambah dengan magnesium dan kalium yang berfungsi menjaga otot dan sendi tetap terpelihara fungsinya.

Chia seed juga berrmanfaat mencegah dan melawan sel kanker. Kandungan antioksidan yang cukup tinggi membuat chia seed dapat menangkal efek negatif radikal bebas, penyebab kanker. Selain itu berbagai penyakit berat dan ringan juga bisa dicegah dengan rutin mengonsumsi chia seed.

Kandungan omega-3 pada chai seed juga sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit. Rutin mengonsumsi chia seed bisa mencegah kulit keriput, bintik hitam dan perubahan warna pada kulit. Selain itu chia seed juga ampuh mencegah penuaan dini.

Omega-3 juga mencegah kulit mengalami kekeringan serta meningkatkan sirkulasi. Omega-3 dalam chia seed juga bisa membantu melindungi kulit dari paparan sinar ultra violet atau UV.

Untuk mendapatkan manfatnya, chia seed bisa ditaburkan pada nasi, sereal, salad, atau kue. Selain itu chia seed juga kerap dijadikan toping pada berbagai makanan seperti puding, smoothies dan yogurt. Rasanya yang mirip kacang akan membuat aneka  makanan menjadi lebih enak dinikmati.

SHARE ON
OPINI PENALAR

PILIHAN REDAKSI

close

PENALAR

PILIHAN REDAKSI

PENALAR TERPRODUKTIF