Cerdas Pilih Menu Sarapan, Mampu Tingkatkan Kecerdasan Otak
berita
Sumber Foto : masakapahariini.com
12 September 2019 09:40
Watyutink.com – Awali hari dengan sarapan. Sarapan sangat berperan dalam meningkatkan kemampuan kognitif, tingkah laku, dan prestasi terutama daya ingat. Pemilihan menu sarapan yang tepat dapat membantu otak agar bekerja lebih maksimal.

Tahukah Anda makanan-makanan yang diklaim mampu meningkatkan kecerdasan otak?

Sayur berdaun hijau, seperti bayam kaya akan vitamin dan folat yang berperan dalam pertumbuhan otak. Memasukan sayuran hijau dalam menu sarapan sangat baik untuk membantu otak memulai aktivitas.

Baca Juga

Telur, kaya akan protein, omega tiga, asam lemak, lutein, dan seng (Zn). Kandungan-kandungan ini sangat penting dalam membantu perkembangan otak.

Ikan, mengandung omega tiga, asam lemak, dan vitamin D. Secara keseluruhan nutrisi ini berperan dalam membantu kemampuan koognitif serta mencegah kehilangan memori. Asam lemak mampu memicu sekresi serotonin yang mampu meningkatkan fungsi otak.

Oatmeal, kaya akan serat dan protein. Nutrisi ini berfungsi menjaga arteri otak dan jantung. Selain meningkatkan kecerdasan, oatmeal juga mampu meningkatkan cadangan energi dalam tubuh.

Apel, kaya akan senyawa antioksidan. Antioksidan mampu melawan penurunan fungsi kognitif. Selain itu antioksidan juga mampu maeningkatkan kecerdasan otak.

Sudah sarapankah pagi ini?

(Zc)

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Fithra Faisal Hastiadi, Dr., S.E., MSE., M.A

Direktur Eksekutif Next Policy, Dosen FEB UI

Yahya Agung Kuntadi, Ir., M.M.

Kepala Kantor UGM Kampus Jakarta, Institute of Research and Community LPPM UGM

Eko Listiyanto

Peneliti INDEF (Institute for Development of Economics and Finance)

FOLLOW US

Tidak Pada Tempatnya Meragukan Data BPS             Harus Disadari, Ada Akar Masalah yang Tidak Diselesaikan             Sektor Konsumsi Harus Tetap Didorong             Data Angka Konsumsi dan Investasi Masih Menunjukkan Peningkatan             Rakyat Harus Diuntungkan dalam Jangka Pendek             Jangan Kejar Target Pembangunan Fisik Saja             Kemampuan Investasi dalam Menyerap Tenaga Kerja Semakin Rendah             Sektor UKM Masih Bisa Diandalkan             Masih Harus Banyak Dilakukan Pembenahan             Tantangan Besar Meningkatkan Tenaga Kerja Menjadi SDM Berkualitas