Cegah Uban dan Rambut Rontok dengan Ramuan Daun Rambutan
berita

31 January 2020 17:00
Watyutink.com – Manfaat buah rambutan untuk kesehatan sudah sama-sama kita ketahui. Berbegai jenis gangguang kesehatan, seperti anemia, diare bahkan kolesterol diyakini bisa diatasi dengan buah rambutan. Biji rambutan ternyata juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Rutin mengonsumsi ramuan biji rambutan menurut para ahli bisa berdampak baik bagi kesehatan. Selain buah dan bijinya, daun rambutan ternyata juga memiliki manfaat bagi kesehatan.

Tahukah Anda, apa saja manfaat daun rambutan bagi kesehatan?

Tidak disangka, daun rambutan ternyata daun rambutan yang selama ini dianggap tak berguna ternyata memiliki manfaat. Para ahli bahkan sudah lama menggunakannya sebagai campuran obat untuk berbagai penyakit. Hal ini tak lepas dari nutrisi yang terkandung dalam daun buah yang sangat digemari ini.  

Kandungan nutrisi pada daun rambutan menurut para ahli pengobatan herbal sangat beragam, seperti polifenol, saponin, dan tannin. Selain itu terdapat pula hormon yang berguna menghidupkan sel menoset, yakni pigmen warna pada rambut. Itulah sebabnya daun rambutan selama ini dikenal sebagai bahan alami terbaik untuk menjaga kesehatan rambut dan mencegah munculnya uban.

Rambut beruban biasanya terjadi karena perubahan pada melanin rambut. Sel melanosit tidak lagi bekeja dengan baik. Akbatnya warna yang dihasilkan tidak lagi hitam. Hingga saat ini para ahli belum menemukan obat untuk mengatasi uban, terlebih jika disebabkan faktor usia. Namun daun rambutan yang berkhasiat menghidupkan kembali pigmen rambut yang mati bisa menjadi alternatif untuk mengatasi uban. Paling tidak kemunculan uban bisa sedikt tertunda.

Daun rambutan juga bermanfaat menjaga kesehatan kulit kepala. Biasanya masalah yang sering muncul di kulit kepala adalah ketombe hingga borok. Untuk mengatasinya, daun rambutan bisa menjadi obat alternatif yang alami.

Daun rambutan juga dapat mencegah kerontokan rambut. Menggunakan ramuan daun rambutan diyakini menjadikan mahkota di atas kepala itu tumbuh subur. Untuk mendapatkan manfaat daun rambutan bagi kesehatan rambut caranya cukup mudah.

Ambil beberapa helai daun rambutan, cuci bersih hingga tidak ada kotoran yang menempel. Tumbuk hingga halus lalu tuang sedikit air dan peras. Usapkan hasil perasan tersebut ke seluruh bagian rambut. Lakukan secara teratur setelah mandi.

Selain untuk rambut, daun rambutan juga dapat mengurangi efek racun pada tubuh. Pasalnya daun rambutan memiliki kandungan alexiteric yang sangat baik untuk kesehatan. Manfaat ini sebenarnya juga bisa diperoleh dengan mengonsumsi bagian rambutan lainnya, seperti buah dan kulitnya.

Daun rambutan juga memiliki efek analgesik yang menjadikannya bermanfaat untuk mengurangi rasa sakit. Zat tersebut akan bekerja pada bagian saraf perifer dan saraf pusat. Hal ini akan membantu otak mengubah persepsi rasa sakit menjadi tidak sakit. Selain itu efek yang ditimbulkan daun rambutan tidak menimbulkan ketagihan.

Kandungan zat analgesik pada daun rambutan juga bermanfaat meredakan sakit kepala. Pasalnya nutrisi yang dihasilkan mampu memberikan efek tenang dan rileks pada saraf. Sehingga bisa mengurangi rasa sakit secara efektif. Selain itu kandungan alexiteric dan tonik pada daun rambutan juga bermanfaat sebagai obat demam akibat influenza.

Untuk mendapatkan manfaat daun rambutan, caranya sangat mudah. Ambil segenggam daun rambutan. Pilih yang masih muda dan segar, cuci bersih sampai semua kotoran yang menempel hilang. Rebus dengan tiga gelas air bersih hingga tersisa satu gelas. Tunggu sampai hangat dan minum air rebusan tersebut. Bisa juga ditambah madu untuk menambah rasa.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Budi Arie Setiadi

Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Indonesia

Edgar Ekaputra

Pakar Industri Keuangan dan Ekonomi, Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis UI

Lia KIan, Dr.

Staf Khusus Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila