Cegah Stroke dengan Jus Alpukat, tapi Jangan Ditambah Susu atau Gula
berita
Jus Alpukat
15 August 2020 17:50
Watyutink.com  - Siapa yang tidak suka buah alpukat? Mungkin tidak ada. Tekstur buahnya  yang lembut dan rasanya yang smoothies dipastikan membuat semua orang tertarik menyantap buah ini.

Tapi jarang yang tahu, ternyata alpukat kaya akan manfaat bagi kesehatan. Beberapa penyakit kronis bisa dicegah dengan mengonsumsi buah yang berasal dari Amerika Selatan ini. Salah satunya adalah stroke.

Tahukah Anda, bagaimana alpukat bisa mencegah stroke?

Stroke adalah penyakit yang disebabkan adanya penyumbatan di pembuluh darah arteri. Penyebab yang sama juga terjadi penyakit jantung. Pembuluh darah arteri bertugas membawa darah ke seluruh tubuh dari kepala sampai jari kaki. Itulah sebabnya fungsi pembuluh darah arteri sangat penting.

Sedikit saja ada masalah, seperti penyumbatan, dipastikan akan menyebabkan gangguan kesehatan. Penyumbatan bisa terjadi akibat penumpukan zat atau plak yang menyebabkan aterosklerosis, yakni kondisi saat pembuluh arteri menyempit.

Kondisi ini dipastikan mengganggu suplai darah, oksigen, serta zat-zat yang diperlukan tubuh. Berbagai faktor seperti tekanan darah tinggi, kadar tinggi kolesterol jahat, diabetes atau kebiasaan gaya hidup yang tidak sehat bisa menyebabkan penumpukan plak di arteri. 

Salah satu cara untuk menghindari atau mencegah penyumbatan pembuluh darah arteri dengan mengonsumsi buah alpukat. Alpukat adalah buah dengan komponen penting dan lengkap guna membersihkan pembuluh arteri. 

Alpukat diketahui mengandung vitamin A, B2, B3, B5, B6, E, dan K. Selain itu alpukat memiliki kandungan mineral, seperti folat, potasium, magnesium, mangan, tembaga, zat besi, zink, dan fosfor.

Alpukat tidak mengandung kolesterol atau sodium sama sekali, dan rendah kandungan lemak jenuhnya. Alpukat juga mengandung antioksidan yang mampu melindungi tubuh dari efek buruk radikal bebas, pemicu penyakit kronis, termasuk kanker.

Penelitian yang dilakukan para ahli membuktikan kandungan vitamin dan mineral dalam alpukat secara signifikan dapat meningkatkan kolesterol baik dalam darah dan mencegah penumpukan plak. 

Untuk mendapatkan manfaat alpukat bisa dengan memakannya langsung. Bisa juga dengan mengolahnya menjadi jus. Namun jangan menambahkan gula atau susu, baik susu bubuk maupun kental manis.

Meski rasa alpukat cenderung tidak terlalu manis, menambahkan gula atau susu justru membuat kandungan gizinya berkurang. Alpukat, khususnya alpukat mentega, mengandung lemak yang cukup tinggi. Tapi lemak tersebut adalah lemak baik yang dibutuhkan oleh tubuh. Penambahan susu atau gula justru akan merusak lemak baik tersebut. 

Untuk menambah rasa, sebaiknya tambahkan madu atau kurma. Selain menimbulkan rasa manis, kurma atau madu juga memberikan tambahan manfaat. Pasalnya kurma dan madu juga kaya akan kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh.
 

SHARE ON
OPINI PENALAR

PILIHAN REDAKSI

close

PENALAR

PILIHAN REDAKSI

PENALAR TERPRODUKTIF