Cegah Stroke, Diabetes, dan Kanker dengan Konsumsi Bunga Pepaya
berita
Bunga Pepaya
27 November 2020 16:00
Watyutink.com - Pepaya dikenal sebagai buah yang memiliki rasa manis. Selain itu pepaya juga baik untuk kesehatan lantaran kaya akan kandungan nutrisi dan vitamin yang berguna untuk tubuh. Itulah sebabnya hampir semua orang suka makan buah pepaya.

Berbeda dengan buahnya, bunga pepaya justru memiliki rasa pahit. Namun kandungan gizi, nutrisi dan vitamin yang terkandung di dalamnya sangat beragam. Sama dengan buahnya, bunga pepaya juga sangat baik untuk menjaga kesehatan.

Tahukah Anda apa saja khasiat bunga pepaya bagi kesehatan?

Banyaknya manfaat bunga pepaya bagi kesehatan tubuh tidak lepas dari sejumlah kandungan zat di dalamnya, yaitu protein, karbohidrat, kalsium, lemak, zat besi, fosfor, serta vitamin C dan B1.

Bunga pepaya juga diketahui mengandung berbagai zat dan senyawa kimia seperti fitokemikal, flavonoid, sterol, tanin, dan polifenol. Zat-zat tersebut merupakan antioksidan yang berkhasiat bagi kesehatan. Salah satunya untuk menurunkan kadar kolesterol.

Selain itu bunga pepaya juga dapat memperlancar peredaran darah. Bunga pepaya diyakini ampuh untuk mengurangi tekanan darah. Itulah sebabnya mengkonsumsi bunga pepaya dengan takaran yang wajar dapat menyehatkan tekanan darah dan menghindarkan terkena stroke.

Bunga pepaya juga dapat mengatasi masalah pencernaan. Pasalnya bunga pepaya memiliki kandungan enzim papain yang berfungsi melancarkan sistem pencernaan dan mencegah konstipasi. Kandungan gizi dalam bunga pepaya juga dapat memperlancar metabolism tubuh dan menambah nafsu makan.

Bunga pepaya ternyata juga bisa menjadi alternatif mencegah kanker. Senyawa flavonoid dan antioksidan dalam bunga pepaya diyakini dapat menangkal radikal bebas serta mampu mencegah infeksi pada tubuh. Sebagaimana diketahui, infeksi lama kelamaan bisa menghasilkan sel kanker yang sangat membahayakan dan bisa mengancam jiwa.

Bagi Anda penderita diabetes, bunga pepaya bisa dijadikan alternatif untuk menurunkan kadar gula darah. Bunga pepaya dapat menurunkan insulin yang enjadi penyebab utama diabetes.

Bunga pepaya juga ampuh untuk menurunkan demam. Kadungan  zat antipiretik bisa berfungsi sebagai obat herbal yang mengatasi demam. Selain itu bunga pepaya juga dapat meningkatkan kadar trombosit dalam darah. Sehingga ampuh untuk menyembuhkan penyakit demam berdarah dengue (DBD).  

Bunga pepaya paling sering diolah menjadi tumis. Ada beberapa tips untuk mengurangi rasa pahitnya. Pertama, cuci bunga pepaya dengan air sampai bersih. Selanjutnya, rebus air secukupnya sampai mendidih.

Masukkan bunga pepaya dalam air mendidih tersebut dengan ditambahkan air asam jawa. Biarkan sampai bunga pepaya menjadi lunak. Angkat dan tiriskan. Bunga pepaya pun siap diolah menjadi aneka menu masakan.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

A.S. Laksana

Sastrawan, pengarang, kritikus sastra dan wartawan