Cegah Rambut Rontok dan Botak dengan Air Kelapa Muda, Pisang, dan Madu
berita
Kelapa Muda, Pisang dan Madu
03 August 2020 17:02
Watyutink.com – Semua orang pasti ingin memiliki rambut yang sehat dan tumbuh subur. Sebaliknya orang pasti menghindari rambut yang tidak sehat. Pasalnya rambut tidak sehat akan memicu kerontokan bahkan kebotakan. Itulah sebabnya semua orang berusaha sebisa mungkin menjaga kesehatan rambut dan mencegah rontok apalagi botak.

Beragam cara dilakukan untuk melindingi mahkota kepala itu. Aneka ramuan, obat-obatan, shampo dan kosmetika lainnya demi menjaga kesehatan rambut. Padahal sejatinya kesehatan rambut bisa dijaga dengan memanfaatkan bahan-bahan alami yang bisa dengan mudah didapatkan.

Tahukah Anda, bahan alami apa yang bisa mengatasi kerontokan rambut?

Rambut adalah organ tubuh yang tumbuh di bagian atas kepala. Tak kurang dari 100.000 helai rambut tumbuh menutupi kulit kepala. Fungsinya utamanya untuk melindungi kulit kepala dari berbagai hal, seperti sengatan sinar matahari dan  hawa dingin. Rambut akan mengalami kerontokan 50 hingga 100 helai per hari dan nantinya akan digantikan rambut baru.

Proses tumbuhnya rambut diawali dengan tahapan anagen atau pertumbuhan selama dua hingga enam tahun. Selanjutnya rambut akan rontok dan tubuh kembali dalam dua hingga tiga bulan. Tahap ini disebuet telogen. Sebelum rontok, rambut akan mengalami masa transisi selama dua hingga tiga pekan yang dikenal dengan tahap katagen.

Jika rontok dalam jumlah 50 hingga 100 helai dan berlangsung dalam waktu dan fase tersebut, kondisi rambut bisa dikatakan normal. Namun jika rontok dalam jumlah yang lebih banyak dan masa tumbuh kembalinya lebih lama, hal itu menjadi pertanda rambut mengalami masalah. Jika siklus pertumbuhan terganggu, rambut akan rontok dan berujung pada kebotakan.

Banyak hal yang bisa memicu rambut rontok dan botak. Penggunaan kosmetik yang salah, seperti minyak rambut, pomade, pewarna rambut dan sebagainya bisa memicu kerontokan. Pola makan yang tidak sehat, penggunaan obat tertenti, seperti kemoterapi dan kondisi setelah melahirkan juga bisa memicu rambut rontok. Faktor keturunan juga bisa menjadi penyebab rambut rontok dan botak.

Kerontokan rambut biasanya ditandai dengan gejala penipisan rambut. Penipisan bisa terjadi secara bertahap atau tiba-tiba. Gejalanya bisa berlangsung sementara atau permanen.

Melihat fungsinya yang penting, kesehatan rambut wajib selalu dijaga. Pakar kesehatan herbal, dr Zaidul Akbar dalam akun instagramnya menyebut salah satu caranya dengan memanfaatkan bahan alami, seperti air kelapa muda, pisang, dan kurma. Pasalnya air kelapa diketahui mengandung kinetin yang mampu membuang radikal bebas, penyebab kerontokan rambut.

Sedangkan pisang kaya akan nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh, termasuk rambut. Nutrisi tersebut adalah energi, protein, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfot, dan zat besi. Pisang juga kaya akan kandungan vitamin, seperti vitamin A, B1, dan C.

Sementara kurma kaya akan kandungan asam folat dan zat besi. Demikian pula madu yang kaya akan kandungan asam amino. Jika dicampur dengan habbatusauda pasti akan menghasilkan manfaat yang luar biasa. Terlebih habbatusaudah dikenal sebagai obat segala macam penyakit.

Untuk mendapat manfaatnya, caranya cukup mudah siapkan sebutir kepala muda, pilih yang benar-benar muda, telihat dari dagingnya yang masih sangat lembut. Serut dagingnya dan blender bersama air kelapa muda. Tambahkan pisang satu buah, kurma tujuh butir yang telah dibuang bijinya. Campurkan pula satu sendok makan madu dan habbatusaudah secukupnya.

Minum jus tersebut secara rutin sebelum makan. Kesehatan rambut akan terjaga, tumbuh lebat dan terhindar dari kerontokan serta kebotakan.

SHARE ON
OPINI PENALAR

PILIHAN REDAKSI

close

PENALAR

PILIHAN REDAKSI

PENALAR TERPRODUKTIF