Cegah Rambut Rontok, Botak dan Uban dengan Rutin Minum Teh Ketumbar
berita
Teh Ketumbar
05 October 2020 16:02
Watyutink.com – Munculnya uban atau rambut putih adalah sesuatu yang wajar. Seiring pertambahan usia, rambut yang semula hitam akan berubah menjadi putih. Bebarapa orang bahkan mengangap uban menambah wibawa. Pasalnya orang yang beruban dianggap sudah dewasa dan kaya akan pengalaman hidup.

Namun uban bisa menjadi masalah jika muncul saat usia belum tua-tua benget. Itulah sebabnya banyak orang yang berusaha menyembunyikan uban menggunakan semir atau pewarna rambut. Padahal menggunakan semir rambut tidak selamanya baik. Pasalnya pewarna rambut terutama yang terbuat dari bahan kimia justru bisa menyebabkan kerusakan rambut dan kebotakan. Selain itu pewarna rambut juga berpotensi memicu alergi.

Itulah sebabnya sangat dianjurkan mengatasi uban menggunakan bahan alami. Selain lebih aman lantaran tidak menggandung bahan kimia, bahan alami juga mudah didapat dan murah.

Tahukah Anda, apa bahan alami yang berguna mengatasi uban?

Bahan alami yang berguna mengatasi uban adalah ketumbar. Selama ini ketumbar kerap digunakan sebagai bumbu masak. Ayam bakar, dendeng, sate, beraneka ragam bacem, dan gorengan adalah contoh beberapa masakan yang harus menggunakan ketumbar sebagai salah satu bumbunya. Tanpa ketumbar, menu-menu masakan tersebut tidak akan terasa lezat.

Ternyata ketumbar bukan hanya berguna untuk melezatkan makanan. Bumbu masak berbentuk bulat kecil berawarna coklat terang ini juga berguna untuk menjaga kesehatan rambut. Penelitian yang dilakukan para ahli kesehatan, menyebut dalam biji ketumbar terdapat beragam nutrisi, seperti kalori, lemak, protein karbohidrat, dan serat. Selain itu juga ada zat besi, kalsium, asam linoleat, olet, dan palmitat. Selain itu ketumbar mengandung minyak astiri, linalool, camphene,dan terpene. Ketumbar juga memiliki kandungan vitamin C, vitamin K dan antioksidan.

Kandungan vitamin C dalam ketumbar berfungsi sebagau antioksidan yang mampu melawan radikal bebas, penyebab kerusakan organ tubuh, termasuk rambut. Selain itu ketumbar juga memiliki manfaat antiseptik, antibakteri, melawan jamur, meredakan peradangan, dan bahan detoksifikasi yang baik bagi tubuh.

Ketumbar juga mampu memberikan asupan nutrisi bagi kulit kepala dan folikel rambut.  Itulah sebabnya mengonsumsi ketumbar bisa menjaga kesehatan dan mencegah rambut mengalami rontok. Protein dalam ketumbar sangat baik dalam menjaga kekuatan akar rambut. Selain itu ketumbar bisa mendukung pertumbuhan dan perkembangan rambut. Itulah sebabnya ketumbar juga berguna mencegah kebotakan.

Ketumbar juga ampuh mencegah munculnya uban. Kandungan nutrisi dalam ketumbar diyakini mampu menahan rambut tidak cepat memutih. Selain itu kandungan vitamin A, C, dan K dalam ketumbar akan membuat akar rambut lebih kuat dan meningkatkan ketebalan serta kehitaman rambut.

Ketumbar juga mempu mengurangi minyak berlebih di kulit kepala. Hal ini mencegah ketombe dan gatak di kepala. Selain itu rambut jadi lebih mudah ditata lantaran tidak mudah kusut dan lepek.

Melalui akun instagram Kajian Kesehatan Islam, pakar kesehatan herbal dr Zaidul Akbar membagi resep membuat teh ketumbar yang mampu mengatasi masalah uban. Terlebih dahulu siapkan bahan-bahan, yakni ketumbar asli yang berwarna coklat terang dan kayu secang. Seduh dengan air panas, biarkan sampai air berwarna coklat. Tambahkan madu untuk menambah rasa.

Minum secara rutin setiap hari setidaknya selama dua pekan. Rambut akan menjadi lebih sehat, kuat, dan terhindar dari uban. Selain bermanfaat untuk rambut,rutin minum teh ketumbar juga dapat kesehatan jantung, tulang, dan melancarkan peredaran darah. Selain itu teh ketumbah juga bermanfaat menurunkan kadar kolesterol dan mengurangi peradangan lantaran memiliki sifat anti-inflamasi.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF