Cegah Penyumbatan Pembuluh Darah dan Serangan Jantung dengan Rutin Minum Jus Delima
berita
Jus Delima/ Shutterstock
22 October 2020 16:40
Watyutink.com – Salah satu penyakit yang kerap menyerang orang Indonesia adalah serangan jantung. Penyakit ini sebisa mungkin dihindari. Pasalnya serangan jantung bisa berakibat fatal, bahkan kematian. Dalam catatan Organisai Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO) serangan jantung adalah penyebab kematian terbesar di Indonesia. Pada 2016 tercatat kematian akibat penyakit jantung mencapai 122 per 100.000 orang. Angka ini lebih tinggi dibanding kematian akibat penyakit lain, seperti stroke, tuberculosis (TBC) dan diabetes.

Itulah sebabnya kesehatan jantung wajib dijaga. Selain dengan rajin berolah raga penyakit jantung bisa dicegah dengan selalu mengonsumsi makanan sehat, seperti sayur dan buah. Banyak jenis buah yang sangat baik unutk menjaga kesehatan jantung adalah delima. Pasalnya buah delima kaya akan kandungan  nutrisi yang bermanfaat menjaga kesehatan jantung.

Tahukah Anda, apa manfaat delima untuk kesehatan jantung?

Salah satu penyebab serangan jantung yang kerap terjadi adalah penyumbatan pembuluh darah koroner. Kondisi ini menyebabkan suplai oksigen ke otot jantung terganggu. Penyumbatan biasanya disebabkan tumpukan plak pada dindind pembuluh darah. Tumpukan plak atau aterosklerosis bisa berasal dari kolesterol, lemak, kalsium atau bahan lain yang bisa menyebabkan pembekuan darah.  Jika terjadi dalam waktu lama dan tidak segera ditangani, kondisi ini bisa berdampak buruk bagi kesehatan.

Tidak hanya berbahaya bagi jantung, tumpukan plak juga bisa memicu penyakit lain, seperti stroke, osteoporosis dan kanker. Pasalnya kandungan ph asam dalam plak akan menyebabkan gangguan pada fungsi organ tubuh yang lain.

Pakar pengobatan herbal, dr Zaidul Akbar mengatakan, salah satu indikasi atau pertanda adanya plak pada jantung adalah munculnya karang gigi. Melalui unggahan di akun intagramnya, penulis buku Jurus Sehat Rasulullah (JSR) ini menyebut karang gigi muncul akibat ph tubuh menjadi asam. Hal ini juga pertanda tubuh kelebihan lemak sebagai sumber terbentuknya asam.

Gejala lain yang bisa dijadikan pertanda penyumbatan jantung adalah kerap menderita sesak nafas. Pasalnya jantung harus memompa darah lebih keras akibat pembuluh darah tersumbat. Kondisi ini bisa semakin buruk saat bekerja atau melakukan aktivitas fisik.

Sesak nafas juga kerap disertai sakit di lengan, leher, dan punggung. Kondisi ini dikenal dengan angina pektoris. Semakin besar sumbatan di pembuluh darah, semakin berah pula nafas dan sakit yang terasa. Lama kelamaan tubuh akan menjadi lebih cepat lelah dan sakit kepala kerap muncul.  

Untuk mengatasi penyumbatan pembuluh darah jantung akibat plak memang bisa dengan mengonsumsi obat-obatan atau suplemen peroduksi pabrik. Namun dr Zaidul menyarankan agar kita mengonsumsi bahan alami, salah satunya adalah buah delima.

Buah ini dikenal kaya akan kandungan nutrisi, seperti protein, karbohidrat, serat, dan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh, termasuk vitamin C, vitamin B kompleks, folat, vitamin E, serta vitamin K. Buah delima juga mengandung aneka mineral, seperti kalium, magnesium, zinc, dan tembaga, serta kaya antioksidan polifenol dan antosianin. Selain itu, delima juga rendah kalori dan lemak sehingga dapat dikonsumsi setiap hari.

Beragam nutrisi tersebut membuat delima memiliki manfaat bagi kesehatan, salah satunya untuk mencegah serangan penyakit jantung. Pasalnya delima dapat membantu mencegah pembentukan plak yang menyumbat pembuluh darah. Akibatnya aliran darah dari jantung dan pembuluh darah ke seluruh tubuh menjadi lebih lancar. Selain itu buah delima berguna mengontrol tekanan darah.

Untuk mendapatkan manfaat buah delima caranya bisa dengan mengolahnya menjadi jus. Sediakan buah delima ukuran sedang. Cuci bersih dan buang ujung kulit atas dan bawah yang keras. Boleh juga dicuci menggunakan baking soda atau cuka apel untuk menghilangkan pestisida.

Potong kecil-kecil delima beserta kulitnya lalu blender. Tambahkan air secukupnya. Setelah halus, saring. Tambahkan madu atau garam himalaya untuk menambah rasa. Minum secara rutin jus delima. Selain menyehatkan jantung, jus delima juga berguna untuk mengingankan nyeri persendian, menurunkan tekanan darah, dan meningkatkan kekebalan tubuh.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

TOPIK TERPOPULER

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF