Cegah Penyakit Jantung dengan Daun Sirsak, Bawang Putih, Kunyit dan Wortel
berita
Ilustrasi/ Net
17 February 2021 17:15
Watyutink.com - Jantung adalah salah satu organ tubuh yang sangat penting. Fungsinya sebagai ‘alat pompa’ darah ke seluruh tubuh menjadikan jantung sangat vital. Itulah sebabnya kondisi dan kesehatan jantung wajib dijaga. Sedikit saja masalah pada jantung bisa menimbulkan gangguan kesehatan. Jika tidak segera ditangani bisa berakibat fatal, bahkan kematian.

Di sisi lain, tuntutan hidup saat ini kian berat. Pekerjaan dan kesibukan kadang membuat orang lupa menjada kesehatan tubuh, termasuk jantung. Akibatnya gangguan jantung pun kerap terjadi. Mau tak mau tindakan medis harus dilakukan guna menyelamatkan seseorang dari kondisi yang lebih buruk.

Kondisi dan kesehatan jantung wajib dijaga. Cara terbaik adalah dengan rutin berolah raga. Selain itu pola makan juga harus dijaga. Usahakan kita selalu mengonsumsi makanan sehat. Sangat disarankan mengonsumsi bahan-bahan herbal atau alami, terutama yang bagi kesehatan jantung.

Tahukah Anda, apa saja bahan herbal yang baik untuk kesehatan jantung?

Watyutink.com telah merangkum dari berbagai sumber beberapa bahan alami yang baik untuk menjaga kesehatan jantung. Salah satunya adalah daun sirsak. Tanaman dengan nama latin Annona muricata ini mengandung ekstrak etanol yang  berkontribusi terhadap melemahnya aktivitas vasodilatasi yakni pelebaran diameter pembuluh darah yang terjadi ketika otot-otot di dinding pembuluh darah mengendur.

Daun sirsak juga mengandung senyawa acetogenins annonaceous, alkaloid, dan senyawa fenolik yang memiliki sifat farmakologis serbaguna terutama anti-inflamasi dan antikanker.

Untuk mendapatkan manfaat daun sirsak, caranya rebus 10 lembar daun sirsak yang sudah tua dengan 300 mililiter atau dua gelas ukuran sedang air. Rebus dengan api sedang selama 15 menit sampai mendidih.

Saring air rebusan dan biarkan menjadi hangat. Minum air rebusan tersebut setiap pagi. Bisa juga ditambahkan madu untuk menambah rasa.

Bawang putih juga sangat baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan jantung. Tanaman dengan nama latin Allium sativum ini diketahui mengandung hidrogen sulfida.  Meskipun dalam jumlah berlebih bisa menjadi racun, namun dalam jumlah kecil hidrogen sulfida berfungsi sebagai bahan pelindung intraseluler dalam jantung.

Ekstrak umbi bawang putih dengan dosis 200 miligram per kilogram berat badan (mg/KgBB) mampu menurunkan kadar kolesterol total dan low density lipo-protein (LDL) atau kolesterol jahat.

Untuk mendapatkan manfaat bawang putih caranya, memarkan satu siung bawang putih. Blender atau haluskan dengan setengah gelas air matang. Minum air beserta ampasnya satu kali setiap hari.

Bahan alami selanjutnya yang baik untuk menjaga kesehatan jantung adalah kunyit. Rempah dengan nama latin Curcum longa ini mengandung senyawa fenolik, terpenoid, dan curcuminoid. Senyawa kurkumin diketahui mampu melawan kolesterol jahat dalam tubuh. Kurkumin juga mampu menghambat proliferasi pada pembuluh darah.

Cara mengolahnya adalah,  ambil kunyit seukuran empat ruas jari, cuci bersih lalu parut. Seduh hasil parutan kunyit dengan air panas sebanyak setengah gelas ukuran sedang. Biarkan selama sekitar 15 menit. Saring dan tambahkan madu secukupnya. Minum secara rutin ramuan tersebut setiap hari.

Wortel juga sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung. Kandungan karotenoid pada wortel mampu menurunkan risiko penyakit jantung. Cara mengolah worter untuk kesehatan jantung adalah, siapkaj tiga buah wortel, cuci bersih. Parut worter sampai halus lalu peras untuk mengambil airnya. Bisa juga dengan menggunakan alat juicer.

Tambahkan dua sendok makan madu pada air wortel untuk menambah rasa. Minum secara rutin tiga kali sehari.

SHARE ON
OPINI PENALAR

PILIHAN REDAKSI

close

PENALAR

PILIHAN REDAKSI

PENALAR TERPRODUKTIF

Abdillah Ahsan, Dr., S.E, M.S.E.

Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas indonesia, Peneliti Lembaga Demografi FEB UI