Cegah Katarak, Rabun Senja dan Degenerasi Makula dengan Minum Ramuan Asam Jawa dan Kurma
berita
Asam Jawa
24 November 2021 15:35
Watyutink.com – Salah satu bahan obat herbal yang sudah banyak dikenal adalah asam jawa. Dikenal pula sebagai bumbu dapur, asam jawa sering diolah menjadi jamu atau ramuan tradisional, seperti kunyit asam yang berguna menjaga kebugaran tubuh. Asam jawa dimanfaatkan sebagai bahan herbal lantaran kaya akan kandungan nutrisi dan gizi yang baik untuk kesehatan tubuh.

Meski sudah banyak dikenal, namun masih sedikit yang mengetahui apa saja manfaat asam jawa bagi kesehatan. Apa pula manfaatnya jika rutin mengonsumsi ramuan berbahan asam jawa. Itulah sebabnya masih sedikit orang yang merutinkan mengonsumsi ramuan asam jawa.

Tahukah Anda, apa saja manfaat asam jawa bagi kesehatan?

Asam jawa ternyata bukan berasal dari pulau Jawa. Tanaman yang bernama tamarind ini merupakan salah satu tanaman tropis yang berasal dari India. Para ahli kesehatan mengatakan asam jawa banyak mengandung nutrisi seperti vitamin A, B, C, E, K, kalsium, zat besi, seng, kalium, magnesium, dan fosfor. Selain itu asam jawa juga mengandung banyak antioksidan yang dapat meningkatkan sistem imun atau kekebalan tubuh.

Salah satu manfaat asam jawa yang jarang diketahui adalah untuk menjaga kesehatan mata. Lantaran kaya akan kandungan vitamin A, asam jawa sangat penting untuk kesehatan organ penglihatan. Dikutip dari akun Instagram @kajiankesehatanislam, asam jawa sangat baik dikonsumsi orang yang mengalami masalah dengan organ penglihatan.

Kandungan vitamin A dalam asam jawa juga berguna menurunkan risiko degenerasi makula atau gangguan kesehatan pada orang berusia lanjut. Degenerasi makula tidak bisa dianggap sepele lantaran bisa menyebabkan hilang penglihatan. Saat mengalami degenerasi makula kering, pusat retina bisa memburuk. Sedangkan degenerasi makula basah akan menyebabkan pembuluh darah di bawah retina bocor. Jika sudah terkena degenerasi makula parah, operasi menjadi pilihan untuk menyembuhkannya.

Ramuan asam jawa juga sangat baik melindungi mata dari penyakit katarak. Terlebih jika dalam penyajiannya, asam jawa dipadukan dengan kurma. Buah khas Timur Tengah ini sudah masyhur sebagai obat herbal yang sangat ampuh. Kurma juga sangat efektif melindungi mata dari penyakit rabun senja.

Untuk membuat ramuan asam jawa dan kurma, caranya sangat mudah. Sebelumnya siapkan bahan-bahan berupa kurma yang sudah dibuang bijinya sebanyai 3, 5, atau 7 buah. Asam jawa yang sudah dilarutkan dalam air dan madu secukupnya. Sediakan pula garam non refinasi atau garam Himalaya.

Blender semua bahan-bahan tersebut dengan ditambahkan air secukupnya. Setelah halus saring hingga terpisah air dan ampasnya. sampai halus. Minum ramuan tersebut rutin, pagi, siang atau malam hari. Bisa juga ditambahkan es batu untuk mendapatkan rasa yang lebih segar.

Air asam jawa juga dipercaya meningkatkan metabolisme tubuh.  Kandungan asam hidrosi-sitrat dalam asam jawa dapat mengurangi  pembentukan lemak dalam tubuh. Minum air asam jawa secara rutin diyakini dapat menurunkan berat badan.

Sedangkan zat niasin dalam asam jawa dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL  atau koleterol jahat hingga 50 persen. Asam jawa juga dapat membantu menurunkan proses oksidasi kolesterol yang menyebabkan penyumbatan pembuluh darah. Itulah sebabnya mengkonsumsi air putih yang dicampur asam jawa dapat mencegah serangan jantung koroner.

Asam jawa juga kaya akan serat yang dapat membantu menyerap garam empedu yang dihasilkan oleh kolesterol dan mengeluarkannya dari dalam tubuh.

Asam jawa juga membantu produksi insulin yang berguna untuk menjaga keseimbangan kadar gula darah. Kandungan zat tannin dalam asam jawa dapat menghambat proses oksidasi dan mencegah terjadinya kerusakan dalam pankreas.

Jika Anda mengalami masalah pencernaan seperti sembelit, kembung dan kram perut, cobalah  minum segelas air asam jawa setiap pagi. Pasalnya asam jawa memiliki sifat diuretik ringan yang dapat menyehatkan pencernaan.  Asam jawa juga  mengandung berbagai zat yang memiliki efek laksatif atau pencahar, serta melawan jamur dan bakteri tertentu.

Kandungan serat, vitamin B dan C, serta enzim yang membantu menghilangkan sel-sel kulit mati dari kulit. Itulah sebabnya asam jawa ampuh untuk mengatasi masalah kulit termasuk kulit wajah seperti jerawat.

SHARE ON
OPINI PENALAR

PILIHAN REDAKSI

close

TOPIK TERPOPULER

PENALAR

PILIHAN REDAKSI

PENALAR TERPRODUKTIF