Cegah Kanker dan Gagal Ginjal dengan Rutin Konsumsi Enam Buah dan Sayuran Ini
berita
Istimewa
11 August 2020 17:10
Watyutink.com – Ginjal adalah salah satu organ tubuh yang sangat penting. Organ yang terdapat di pinggang sebelah kiri ini memiliki tugas ‘mencuci’ darah serta cairan tubuh dari berbagai sampah atau limbah tubuh. Nantinya cairan yang sudah tersaring akan dikeluarkan dalam bentuk urine atau air seni.

Itulah sebabnya kesehatan ginjal wajib dijaga. Gangguan para organ ginjal akan berakibat limbah dan cairan tubuh akan menumpuk dan menyebabkan berbagai gangguan kesehatan. Kondisi yang sering muncul adalah pembengkakan kaki, mual, muntah, lemas, dan sesak nafas.

Dalam kondisi yang lebih parah, ginjal yang tidak terjaga kesehatannya bisa menimbulkan gagal ginjal. Akibatnya, untuk membersihkan darah diperlukan alat bantu berupa alat hemodialisa. Proses yang kerap disebut sebagai ‘cuci darah’ ini bukan hanya menyulitkan tapi juga memakan biaya yang tidak sedikit.

Itulah sebabnya kesehatan ginjal wajib dijaga. Meski bisa menggunakan obat-obatan kimia, para pakar kesehatan herbal menganjurkan menggunakan bahan alami untuk menjaga kesehatan ginjal.

Tahukah Anda, bahan alami apa saja yang bisa digunakan untuk menjaga kesehatan ginjal?

Ada banyak bahan herbal atau alami yang berguna untuk menjaga kesehatan ginjal, baik buah maupun sayuran, salah satu yang disarankan adalah wortel. Pasalnya sayuran berwarna oranye ini kaya akan kandungan karoten yang mampu menghilangkan racun dan logam berat dari ginjal. Serat dalam wortel akan mengikat toksin  atau racun dan menghilangkannya dari tubuh.

Selain itu karoten dalam wortel juga bermanfaat melindungi tubuh dari risiko penyakit kanker. Untuk mendapatkan manfaat wortel, caranya cukup dengan mengolahnya menjadi jus. Minum secara rutin jus wortel guna mendapatkan manfaatnya.

Air kelapa juga mampu membantu menjaga kesehatan ginjal. Pasalnya air kelapa memiliki sedikit kandungan gula. Selain itu air kelapa memiliki sedikit asam dan nol kandungan kalori. Namun air kelapa memiliki kandungan elektrolit tinggi. Hal ini menjadikannya mampu meningkatkan fungsi ginjal. Itulah sebabnya, meminum air kelapa mampu menghidrasi atau mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh.

Bahan alami selanjutnya yang mampu menjaga kesehatan ginjal adalah air perasan lemon. Pasalnya air perasan lemon mengandung asam alami yang mampu meningkatkan kadar sitrat dalam urin atau air seni. Rutin minum air perasan lemon mampu mengurangi risiko pembentukan batu ginjal. Lemon bisa juga diolah menjadi jus. Meminumnya setiap hari mampu mendetoksifikasi atau membuang racun dari tubuh.

Aneka buah dari keluarga berry, seperti strawberry, buleberry, raspberry, blackberry, dan cranberry juga bermanfaat membersihkan ginjal. Pasalnya buah-buahan berry kaya akan kandungan vitaming, mineral, antioksidan, dan flavonoid. Antioksidan diketahui mampu melindungi tubuh dari efek buruk radikal bebas yang memicu penyakit kronis, seperti kanker dan gangguan ginjal.

Untuk mendapat manfaat buah berry, bisa dengan memakannya secara langsung. Bisa juga dengan mengolahnya menjadi jus dan rutin meminumnya.

Mengonsumsi jus aneka sayuran juga bermanfaat membersihkan dan menjaga kesehatan ginjal. Sayuran yang bisa dibuat menjadi jus, antara lain seledri, selada, mentimun, dan bayam. Aneka sayuran tersebut mengangun vitamin, mineral dan antioksidan. Bisa dengan salah satu dari sayuran atau mencampur semua sayuran tersebut  menjadi jus sayuran.

SHARE ON
OPINI PENALAR

PILIHAN REDAKSI

close

PENALAR

PILIHAN REDAKSI

PENALAR TERPRODUKTIF