Cegah Kanker Payudara dengan SADARI dan Ramuan Air Kelapa, Kunyit dan Daun Meniran
berita

11 July 2020 17:22
Watyutink.com - Kanker payudara adalah salah satu penyakit kronis dengam jumlah pasien terbanyak. Bahkan penyakit kanker payudara adalah salah satu penyebab kematian akibat kanker terbesar. Pasalnya sebagian besar pasien datang berobat saat sudah memasuki stadium lanjut. Akibatnya penyakit ini jadi sulit untuk disembuhkan.

Itulah sebabnya pencegahan sedari dini penting dilakukan. Sehingga jika ada tanda atau gejala, penanganan kanker payudaru bisa lebih dini. Kemungkinan sembuh pun jadi lebih besar.

Tahukah Anda, bagaimana cara pencegahan kanker payudara?

Pencegahan dini bisa dilakukan melakukan pemeriksaan payudara sendiri atau SADARI. Hal ini dilakukan untuk mengetahui ada tidaknya perubaham fisik dari payudara. Perubahan fisik bisa jadi adalah pertanda adanya 'masalah' pada payudara. Sehingga jika ditemukan masalah, bisa segera mendapat penanganan.

Sadari dilakukan menggunakan tangan dan penglihatan. Waktu yang tepat untuk melakukan Sadari adalah beberapa hari setelah menstruasi berakhir. Pada masa menstruasi, kadar hormon berfluktuasi. Hal ini menyebabkan perubahan pada tubuh wanita, termasuk payudara. Cara pemeriksaan, antara lain: 

Berdirilah di depan kaca, lalu buka pakaian dari pinggang ke atas. Kebanyakan wanita memiliki ukuran payudara yang tidak sama besarnya. Cobalah berdiri dengan lengan di samping tubuh. Perhatikan bentuk, ukuran, dan apakah ada perubahan seperti permukaan, warna kulit, dan bentuk puting payudara. Periksa juga apakah terdapat cairan yang keluar dari puting dengan cara menempatkan jempol dan jari telunjuk di sekitar puting, lalu tekan perlahan. Ulangi pada payudara yang lain.

Periksa pula payudara saat sedang mandi.  Busa sabun bisa memudahkan pergerakan tangan untuk memeriksa, apakah terdapat benjolan pada payudara. Gunakan jari untuk menekan-nekan bagian demi bagian dengan lembut. 

Cara selanjutnya adalah dengan berbaring. Saat berbaring, payudara akan melebar dan mudah untuk diperiksa. Sambil berbaring, tempatkan gulungan handuk atau bantal kecil di bawah pundak. Gunakanlah lotion untuk memijat payudara searah jarum jam. Lakukan hingga seluruh permukaan payudara hingga ke puting selesai teraba.

Lakukan dengan tenang meski mendapati perubahan pada payudara. Walaupun harus tetap waspada, namun perubahan fisik tidak selalu mengarah pada kanker. Diperlukan pemeriksaan lebih lanjut untuk mendiagnosis kelainan ini. 

Pencegahan dini lainnya adalah dengan mengonsumsi minuman sehat yang terbuat dari bahan alami. Pakar pengobatan herbal, dr Zaidul Akbar membagikan resep minuman sehat untuk melawan kanker payudara. Sebagai langkah awal, penulis buku Jurus Sehat Rasulullah ini menyarankan rutin berpuasa sunnah, senin-kamis dan ayyamul bidh setidaknya selama tiga bulan berturut-turut.

Perbanyak minum ramuan sehat berupa air kelapa, kunyit dan daun meniran. Blender semua bahan tersebut, termasuk daging kelapa muda. Setelah tercampur dengan rata, masukkan dalam wadah dan tambahkan es batu. Diamkan hingga sekitar enam jam. Selanjutnya konsumsi ramuan tersebut.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Budi Arie Setiadi

Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Indonesia

Edgar Ekaputra

Pakar Industri Keuangan dan Ekonomi, Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis UI

Lia KIan, Dr.

Staf Khusus Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila