Cegah Gagal Ginjal dengan Rutin Konsumsi Jus Daun Kelor
berita

13 November 2019 17:00
Watyutink.com – Ginjal adalah salah satu organ tubuh yang sangat penting. Pasalnya organ yang terdapat di pinggang sebelah kiri ini memiliki peran yang sangat penting dalam proses ‘mencuci’ darah serta cairan tubuh dari berbagai sampah atau limbah tubuh. Nantinya cairan yang sudah tersaring akan dikeluarkan dalam bentuk urine atau air seni.

Itulah sebabnya kesehatan ginjal wajib dijaga. Gangguan para organ ginjal akan berakibat limbah dan cairan tubuh akan menumpuk dan menyebabkan berbagai gangguan kesehatan. Kondisi yang sering muncul adalah pembengkakan kaki, mual, muntah, lemas, dan sesak nafas.

Untuk menjaga kesehatan ginjal ternyata bisa dilakukan dengan mudah dan tanpa menggunakan obat-obatan kimia. Para pakar kesehatan herbal menganjurkan menggunakan daun kelor sebagai bahan alami unuk menjaga kesehatan ginjal.

Tahukah Anda, apa manfaat daun kelor bagi kesehatan ginjal?

Kelor selama ini hanya berfungsi sebagai tanaman pagar atau pembatas halaman. Padahal tanaman berdaun kecil ini banyak memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan. Badan kesehatan dunia atau World Health Organization (WHO) menyebutkan daun, biji, dan batang kelor baik untuk dikonsumsi sehari-hari. Bahkan kandungan nustrisi dalam daun kelor lebih baik dibandingkan buah dan sayur lainnya.   

Beberapa nutrisi yang terkandung dalam daun kelor adalah vitamin A, C, dan E. Kadungan ketiga vitamin itu dalam daun kelor lebih banyak dibandingkan yang terdapat dalam wortel, jeruk, anggur, dan bayam. Selain daun kelor juga mengandung protein yang lebih baik daripada yang  terdapat dalam susu, telur, dan yogurt. Peneliti dari Afrika, dr Gary Bracey menyebut daun kelor memiliki kandungan zat besi dan kalsium yang lebih baik dari pada susu, bayam, dan pisang.

Itulah sebabnya daun kelor sangat baik dikonsumsi untuk kesehatan ginjal. Pasalnya daun kelor berfungsi sebagai antioksidan yang bisa membersihkan ginjal dari radikal bebas. Selain itu daun kelor juga mengandung asam amino yang dapat melindungi ginjal dari iritasi kantung kemih. Asam amino dalam daun kelor berupa metionin yang berperan sebagai pemasok sulfur dalam tubuh. Metionin juga ampuh mengurangi kandungan lemak dalam hati.  

Daun kelor juga mengandung kalsium yang sangat dibutuhkan oleh ginjal. Selain itu daun kelor juga memiliki kandungan magnesium yang berfungsi memelihara kesehatan organ tubuh lain, seperti tulang, gigi, dan otot. Selain itu magnesium juga membantu proses metabolisme dalam tubuh. Itulah sebabnya rutin mengonsumsi daun kelor bisa menjadikan tubuh lebih sehat dan bugar.

Untuk mendapatkan manfaat daun kelor, tidak terlalu sulit. Pakar kesehatan herbal, dr Zaidul Akbar menjelaskan daun kelor bisa diolah menjadi ramuan sehat. Caranya ambil 50 gram daun kelor haluskan atau blender dengan 250 mililiter air. Minum secara rutin air daun kelor tersebut secara rutin. Zaidul menyebut rutin mengonsumsi jus daun kelor bisa menghindarkan kita dari penyekit gagal ginjal.

Daun kelor juga bisa diolah menjadi sayur bening. Cara membuatnya sama seperti sayur bening pada umumnya. Jika biasanya sayur bening menggunakan daun bayam, kini diganti dengan daun kelor. Selain segar juga menyehatkan.

SHARE ON
OPINI PENALAR

PILIHAN REDAKSI

close

PENALAR

PILIHAN REDAKSI

PENALAR TERPRODUKTIF

Ahmad Heri Firdaus

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF)

YB. Suhartoko, Dr., SE., ME

Dosen Program Studi Ekonomi Pembangunan, Keuangan dan Perbankan Unika Atma Jaya Jakarta

Mohammad Faisal

Direktur Centre of Reform on Economic (CORE) Indonesia

FOLLOW US

Aturan Timbulkan Administration Cost, Beban Bagi UMKM                Pelaku Bisnis E-commerce Tak Perlu Berbadan Hukum             Hambat Usaha Kecil Naik Kelas             Investor Tak Terpengaruh Prediksi Ekonomi RI             Moody’s Tak Tahu Jeroan Indonesia             Ada  Gap, Ada Ketimpangan             Prioritas Utama Tingkatkan Pertumbuhan             Dana Desa Berhadapan dengan Kejahatan Sistemik             Pembangunan Desa Tidak Bisa Berdiri Sendiri             Harus Disadari, Korupsi akan Mengikuti Kemana Uang Mengalir