Cegah Diabetes, Penyakit Jantung, Stroke, Ginjal, dan Maag dengan Rutin Minum Teh Daun Kelor
berita
Ramuan Daun Kelor
21 September 2020 17:00
Watyutink.com – Anda pasti pernah mendengar “duna tak selebar daun kelor.” Pepatah ini meminta orang tidak berputus asa lantaran dunia sangat luas dan tidak sempit atau kecil seperti daun kelor. Selain berisi nasehat, pepatah itu juga menggambarkan betapa kecilya daun tanaman kelor.

Namun meski berukuran kecil ternyata daun kelor besar manfaatnya bagi manusia. Pasalnya dan kelor mengandung beragam nutrisi yang berguna untuk kesehatan. Kandungan nutrisi tersebut juga menjadikan daun kelor sebagai salah satu bahan pembuat obat alami atau herbal.

Tahukah Anda, apa saja manfaat daun kelor bagi kesehatan?

Penelitian yang perlah di lakukan organisasi kesehatan dunia atau World Health Organization (WHO) membuktikan daun kelor memiliki kandungan asam amino esensial yang sangat baik bagi kesehatan manusia. Selain itu daun yang oleh orang Madura disebut maranggih ini juga kaya akan kandungan protein, karotenoid, dan potassium.

Selain itu daun kelor juga mengandung antioksidan yang mampu melindungi tubuh dari efek buruk radikal bebas, pemicu berbagai penyakit kronis. Para ahli menyebut radikal bebas bisa menganggung pertumbuhan sel yang bisa menyebabkan berbagai jenis kanker, seperti kanker payudara, paru-paru, hingga kanker kulit.

Daun kelor juga mampu menurunkan kadar glukosa dalam darah secara signifikan. Itulah sebabnya daun kelor sangat baik dikonsumsi secara rutin oleh penderita diabetes atau penyakit kencing manis. Pasalnya daun kelor diyakini mambuat kadar gula darah menjadi normal dan terjaga.

Daun kelor juga berguna menjaga kesehatan jantung. Daun kelor termasuk makanan nabati yang bermanfaat menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Hal inilah yang menyebabkan daun kelor mampu mencegah berbagai gangguan kesehatan, seperti serangan jantung dan stroke. Sedangkan kandungan vitamin A dalam daun kelor sangat baik digunakan untuk menjaga kesehatan mata. Bahkan, kandungan vitamin A dalam daun kelor lebih tinggi dibandingkan yang terdapat dalam wortel.

Daun kelor sangat baik digunakan untuk melindungi organ ginjal. Selain lantaran mengadung antioksidan, daun kelor juga mengandung asam amino yang mencegah terjadinya iritasi pada ginjal dan kandung kemih. Asam amino dalam daun kelor berupa metionin yang berperan sebagai pemasok sulfur dalam tubuh. Metionin juga ampuh mengurangi kandungan lemak dalam hati. 

Bagi Anda menderita sakit maag, tidak ada salahnya mencoba mengkonsumsi daun kelor. Fungsi anti-inflamasi yang dimiliki daun kelor menjadikannya berguna menjaga kesehatan pencernaan, termasuk menghindarkan tubuh dari penyakit maag.

Selain itu daun kelor juga memiliki kandungan magnesium yang berfungsi memelihara kesehatan organ tubuh lain, seperti tulang, gigi, dan otot. Selain itu magnesium juga membantu proses metabolisme dalam tubuh. Itulah sebabnya rutin mengonsumsi daun kelor bisa menjadikan tubuh lebih sehat dan bugar.

Daun kelor juga memiliki fungsi sebagai neurotransmitter dan sebagai senyawa tiroid yang dapat menjaga kestabilan psikis. Mengonsumsi daun kelor secara teratur bisa memperkecil kemungkinan seseorang mengalami depresi atau hal-hal buruk terkait dengan kondisi mood dan psikis.

Untuk mendapatkan manfaat daun kelor bisa dengan mengolahnya menjadi sayur bening atau memakannya sebagai lalapan. Bisa juga dengan mengolahnya menjadi teh daun kelor. Caranya cukup dengan menyeduh satu sendok teh daun kelor yang sudah dikeringkan. Seduh dengan 200 mililiter air panas. Tambahkan madu secukupnya untuk menambah rasa. Minum secara rutin teh daun kelor dan dapatkan manfaat yang luar bisa.

Sedangkan untuk mengatasi cacingan, caranya rebus tiga lembar daun kelor bersama cabai dan meniran. Minumkan air rebusan tersebut kepada anak yang menderita cacingan untuk mengurangi infeksi cacing, terutama cacing kremi dan cacing pita.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF