Cegah Darah Tinggi, Gangguan Jantung dan Pencernaan dengan Rutin Minum Susu Kambing
berita
Sumberfoto: istimewa
16 June 2021 16:00
Watyutink.com – Manfaat susu bagi kesehatan sudah tidak perlu diragukan lagi. Nutrisi hewani berbentuk cair ini dikenal kaya akan kandungan mineral dan vitamin yang sangat penting bagi kesehatan, seperti vitamin D, vitamin B12, kalsium, kalium, protein, dan fosfor serta bebarapa zat penting lainnya. Terlebih bagi anak-anak, susu adalah minuman ‘wajib’ yang harus selalu dikonsumsi. Pasalnya nutrisi dalam susu sangat penting untuk tumbuh kembang anak.

Selama ini kita hanya mengenal susu sapi dihasilkan oleh hewan ternak sapi. Padahal sebenarnya masih ada hewan ternak lainnya yang juga menghasilkan susu. Salah satunya adalah kambing. Harus diakui, susu kambing tidak sepopuler susu sapi. Namun dalam hal manfaat dan nutrisi yang dikandungnya, susu kambing tidak kalah dibanding susu sapi.

Tahukah Anda, apa saja manfaat susu kambing bagi kesehatan?

Semua heran ternak, seperti sapi, kambing, kerbau, kuda, dan sebagainya diketahui menghasilkan susu. Pasalnya hewan-hewan ternak tersebut juga melahirkan anaknya yang membutuhkan susu. Namun selama ini kita hanya mengenal susu sapi.

Beberapa orang mungkin pernah mendengar susu kambing. Namun tidak banyak yang pernah mencobanya. Tidak seperti susu sapi yang banyak dijual di pasaran, susu kambing sangat jarang ditemukan. Bisa jadi karena produksi susu kambing juga tidak sebanyak susu sapi.

Meski jarang ditemui, banyak ahli mengakui manfaat susu kambing tak kalah dengan susu sapi. Kandungan nutrisi dalam susu kambing juga cukup lengkap, seperti lemak, protein, kalsium, vitamin A dan vitamin C. Itulah sebabnya susu kambing memiliki manfat yang baik untuk kesehatan.

Beberap penelitian menyebutkan susu kambing baik untuk menjaga kesehatan jantung. Pasalnya susu kambing memiliki kandungan kalium yang sangat penting untuk pertumbuhan tubuh. Pada takaran yang sama, susu kambing mengandung 160 miligram kalium. Lebih tinggi dibanding susu sapi sebanyak 149 miligram.

Kalium dalam susu kambing dapat mengurani kadar natrium dalam tubuh. Natrium diketahui adalah zat yang dapat memicu tekanan darah tinggi atau hipertensi. Padahal semakin tinggi tekanan darah semakin keras pula kerja jantung dalam memompa darah. Sebaliknya jika tekanan darah stabil, kerja jantung pun menjadi lebih ringan. Akibatnya jantung pun menjadi lebih sehat. 

Kalium dalam susu kambung juga bisa menjaga kesehatan sel tubuh, seperti sel otot, sel darah merah, hati, dan tulang. Jika asupan kalium terjadi maka sel-sel tubuh akan berkambang dengan baik. Kesehatan tubuh pun menjad lebih baik.

Selain kalium, susu kambing juga mengandung asam amino tripofan yang bermanfaat menjaga kesehatan sistem saraf. Asam amino juga dapat membantu pembentukan hormon serotonin yang berfungsi mengatur suasana hati.

Sedangkan kandungan prebiotik dalam susu kambing sangat baik dalam menjaga kesehatan sistem pencernaan. Prebiotik adalah unsur yang sangat penting dalam meningkatkan metabolisme tubuh yang menjaga tubuh agar tetap sehat dan bugar.

Bagi Anda yang memiliki masalah atau gangguan tidur, susu kambing bisa menjadi solusi. Asam amino triptofan dalam susu kambing dapat memproduksi hormon serotonin yang dapat merangsang otak. Sehingga waktu tidur dan bangun bisa dikendalikan dengan baik. Mengonsumsi susu kambing diyakini membuat tidur lebih nyenyak. Saat bangun, tubuh pun merasa lebih segar.

Meski baik untuk kesehatan, ada hal yang perlu dipersatikan saat minum susu kambing. Menurut penelitian, susu kambing bisa mendetoksifiksi atau mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Itulah sebabnya beberapa orang  kadang akan merasa mual, perut kembung dan diare setelah minum susu kambing. Namun gejala tersebut bisa hilang dengan sendirinya.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

TOPIK TERPOPULER

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF