Cara Mudah untuk Sehat, Rutin Minum Ramuan Jeruk Nipis, Madu, dan Garam
berita
Ilustrasi/ Net
12 March 2021 17:00
Watyutink.com – Kesehatan adalah hal yang sangat penting. Pasalnya saat terserang penyakit, tubuh akan lemah dan tidak bisa beraktivitas. Itulah sebabnya orang berusaha agar selalu sehat. 

Tak jarang orang rela mengeluarkan biaya mahal untuk sehat. Hal itu untuk membayar klub kebugaran atau membeli vitamin, suplemen, dan obat-obatan lainnya. Padahal sejatinya untuk bisa sehat menggunakan bahan-bahan alami yang murah dan mudah di dapat. Bahan alami tersebut adalah jeruk nipis dan madu. 

Manfaat jeruk nipis bagi kesehatan sudah tidak perlu diragukan lagi. Kandungan berbagai nutrisi dan vitamin di dalam jeruk nipis diyakini berkhasiat bagi kesehatan manusia. Hal yang semua dengan madu. Cairan manis yang dihasilkan lebah ini sudah lama dikenal sebagai obat bagi semua penyakit.

Tahukah Anda, apa saja manfaat bahan-bahan itu untuk kesehatan?

Pakar kesehatan herbal, dr Zaidul Akbar mengatakan paduan jeruk nipis dan madu serta ditambah garam akan membawa manfaat luar biasa bagi tubuh. Alumnus Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro Semarang ini bahkan menyebut kombinasi jeruk nipis, madu, dan garam mempunyai khasiat yang dahsyat bagi kesehatan, seperti membersihkan usus dan liver atau hati. Selain itu mengonsumsi ketiga bahan tersebut bersamaan juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh atau sistem imun dan memperbaiki pencernaan.  

Selain itu campuran jeruk nipis, madu, dan garam dapat mencegah tubuh dari dehidrasi atau kekurangan cairan. Saat beraktivitas berat, tubuh akan mengeluarkan banyak keringat. Artinya tubuh kehilangan banyak garam dan mineral. Perasan jeruk nipis ditambah madu dangaram akan berfungsi menjadi elektrolit alami yang mencukupi kebutuhan mineral dan nurisi dalam tubuh, seperti sodium.

Jeruk nipis diketahui memiliki kandungan flavonoid yang sangat baik untuk meningkatkan sekresi cairan pencernaan. Itulah sebabnya jeruk nipis bisa membantu mengatasi masalah pencernaan seperti konstipasi dan mual. Jika ditambah madu dan garam hasil jauh lebih baik, terutama dalam menjaga kestabilan kandungan asam dalam perut.

Bagi Anda yang merasa kelebihan berat badan, kombinasi jeruk nipis, madu, dan garam sangat tepat dikonsumsi. Pasalnya ketiga bahan tersebut bisa melancarkan metabolisme tubuh. Sehingga usaha menurunkan berat badan menjadi lebih mudah.

Rutin meminum campuran jeruk nipis, madu, dan garam juga dapat menjadikan tubuh lebih berenergi. Bagi Anda yang sering merasa capek dan lelah, tidak ada salahnya mencoba ramuan jeruk nipis, madu, dan garam. Hasilnya jauh lebih baik dibandingkan mengonsumsi minuman energi yang banyak di jual di pasaran.

Untuk mendapatkan manfaat jerul nipis, madu, dan garam caranya tidak sulit. Dr Zaidul Akbar menjelaskan cukup dengan mengambil dua atau tiga butir jeruk nipis, peras airnya. Tambahkan 1/4 sendok teh garam serta madu secukupnya.

Tambahkan segelas air, aduk hingga benar-benar larut dan tercampur. Segera minum campuran jeruk nipis, garam, dan madu untuk mendapatkan hasil yang luar biasa

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Abdillah Ahsan, Dr., S.E, M.S.E.

Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas indonesia, Peneliti Lembaga Demografi FEB UI