Cara Mengatasi Varises Secara Alami
berita
.
12 February 2019 17:00
Watyutink.com - Pernahkah Anda melihat seseorang dengan paha atau betis dengan urat menonjol. Urat berwarna biru tua atau ungu terlihat seperti tali yang terpilin. Itulah yang disebut varises. 

Kondisi ini terlihat sangat mengganggu dari segi penampilan. Jika dibiarkan bukan hanya penampilan, tapi kesehatan pun bisa terganggu. 

Tahukah Anda, apa itu varises dan bagaimana mengatasinya? 

Varises adalah pembengkakan dan pelebaran pembuluh darah vena yang terjadi akibat penumpukan darah terutama disekitar kaki. Penyebabnya adalah fungsi katup vena yang rusak atau melemah. Padahal pembuluh vena berfungsi mengalirkan darah dari seluruh tubuh ke jantung. 

Katup vena yang rusak atau melemah menyebabkan terjadinya arus balik darah dan penumpukan darah di dalam pembuluh vena. Hal inilah yang menyebabkan pembuluh tersebut melebar dan menimbulkan varises.

Untuk mengatasinya bisa dilakukan dengan tindakan medis. Tapi jika masih memungkinkan akan lebih varises diatasi dengan cara alami. Salah satunya dengan  olah raga secara teratur. Carolina Vasculer Institute merekomendasikan cara ini untuk menghilangkan varises. Pasalnya olah raga dapat memperlancar sirkulasi darah dan mengurangi pembengkakan pada pembuluh darah vena. 

Olahraga merupakan cara terbaik untuk menyeimbangkan hormon secara alami, menurunkan berat badan dan tekanan darah. Hormon yang tidak seimbang, berat badan yang berlebihan dan tekanan darah yang tinggi adalah penyebab munculnya varises. 

Namun sebaiknya jangan jangan langsung berolah raga berat. Sebaiknya lakukan secara perlahan terlebih dahulu. Perlahan-lahan barulah intensitasnya ditingkatkan.

Cara yang lain untuk menghilangkan varises secara alami adalah menjaga berat badan. Kelebihan berat badan cenderung meningkatkan risiko terkena varises, terutama pada wanita dan orang tua. Kelebihan berat badan dapat memberi tekanan pada pembuluh darah hingga menyebabkan pembengkakan dan pelebaran pembuluh darah vena pada bagian kaki.

Varises pada penderita obesitas akan lebih sulit dihilangkan. Terlebih jika sudah melebar, meradang dan ukurannya menjadi lebih lebar sekitar empat atau lima sentimeter. 

Selain kedua cara tersebut, varises bisa juga dihilangkan menggunakan minyak esensial. Manfaat minyak esensial adalah untuk melancarkan aliran darah sekaligus meredakan peradangan serta menyeimbangkan hormon. Minyak esensial yang bisa digunakan adalah jenis cypress, yang diperoleh dari sejenis pohon cemara dengan nama ilmiah cupressus sempervirens.

Minyak esensial memiliki kemampuan untuk meningkatkan sirkulasi dan memperlancar sistem peredaran darah. 

Bubuhkan lima tetes minyak esensial cypress di area varises lalu lakukan pijatan secara lembut dan perlahan dari ujung kaki mengarah ke atas. Lakukan dua kali dalam sehari 

Jika rutin dilakukan bisa menghilangkan varises di paha dan betis. 

 

 

SHARE ON
OPINI PENALAR

PILIHAN REDAKSI

close

TOPIK TERPOPULER

PENALAR

PILIHAN REDAKSI

PENALAR TERPRODUKTIF

Ujang Komarudin, Dr., M.Si.

Pengamat Politik dan Dosen Universitas Al Azhar Indonesia

Mohammad Faisal

Direktur Centre of Reform on Economic (CORE) Indonesia

Christianto Wibisono

Analis Bisnis/ Pendiri Pusat Data Bisnis Indonesia (PDBI)

FOLLOW US

Polisi Tunduk Pada Hukum             Inovasi Kebijakan yang Tidak Menjual             Kebijakan Tergantung Tujuan Awalnya             Kebaya Tak Perlu Dipertanyakan             Penggalian Nilai Budaya Dibalik Kebaya             Berkebaya Adalah Kesadaran             Penangkapan Faisol Tidak Berdasar             Lembaga Negara Bukan Pemungut Upeti!             Cost Recovery Bukan dari APBN             Blok Masela, Akankah mengulang sejarah Freeport?