Bukannya Sehat, Beberapa Sayuran Ini Justru Beracun Jika Dimakan Mentah
berita

04 February 2020 17:40
Watyutink.com – Masyarakat Indonesia sudah akrab dengan sayur-sayuran. Manfaat sayuran untuk kesehatan sudah sangat dikenal. Itulah sebabnya sayuran sudah menjadi ‘makanan wajib’ bagi sebagian besar rakyat Indonesia. Bahkan banyak orang  memakan sayuran dalam kondisi mentah. Pasalnya jika dimakan mentah, nutrisi dan zat-zat bermanfaat dalam sayur akan lebih terjaga.

Namun ternyata tidak semua sayuran bisa dikonsumsi dalam kondisi mentah. Ada beberapa sayuran yang jika dimakan mentah justru merugikan kesehatan. Beberapa diantaranya bahkan mengandung racun. Itulah sebabnya, beberapa sayuran tersebut harus diolah atau dimasak terlebih dahulu sebelum dimakan.

Tahukah Anda, apa saja sayuran yang tidak boleh dimakan mentah?

Brokoli adalah sayuran yang tidak boleh dimakan mentah. Meski dikenal mengandung berbagai nutrisi dan gizi, brokoli harus dimasak terlebih dahulu sebelum dimakan. Jika dimakan mentah, brokoli justru berisiko meningkatkan gangguan sistem pencernaan. Sebaliknya jika dimasak dengan benar, brokoli akan menghasilkan zat glukosinolat yang bermanfaat mencegah penyakit kanker.

Serupa dengan brokoli, kembang kol juga harus dimakan dalam kondisi matang. Sayuran yang mempunyai bentuk mirip dengan brokoli ini juga bisa mengganggu pencernaan jika dimakan mentah. Selain untuk memunculkan manfaat, mengukus atau menumis juga membuat kembang kol lebih lunak sehingga mudah dicerna.

Daun pepaya adalah sayur berikutnya yang tidak boleh dimakan mentah. Getah yang terdapat dalam daun pepaya diketahui mengandung hidrogen sianida yang berbahaya bagi kesehatan. Selain itu jika dimakan mentah daun pepaya akan terasa sangat pahit. Itulah sebabnya daun pepaya harus direbus dahulu sebelum dimakan. Selain membuatnya lebih empuk, merebus daun pepaya juga menghilangkan rasa pahit.

Terong adalah sayuran yang juga dianjurkan dimakan setelah diolah atau dimasak. Memakan terong mentah berisiko menyebabkan masalah pencernaan. Selain itu makan terong mentah bisa menimbulkan keracunan solanin, terutama nuerologis dan gastrointestinal.

Keracunan solanin ditandai dengan muntah, kram perut, mual, diare, sakit kepala, dan pusing. Jika hal ini terjadi sebaiknya segera menghubungi dokter untuk mendapat pertolongan.

Terong sebaiknya dimasak dengan benar, seperti ditumis menggunakan minyak zaitun. Cara ini dipercaya memunculkan zat antioksidan yang berguna melindungi tubuh dari radikal bebas, penyebab berbagai penyakit.

Bayam adalah sayuran yang kaya akan kandungan mineral, seperti zat besi dan magnesium. Namun bayam mentah mengandung asam oksalat. Zat ini justru menganggu tubuh dalam menyerap kalsium dan zat besi. Dalam kondisi tertentu, asam oksalat justru menyebabkan penumpukan kristal dalam ginjal. Lama-kelamaan penumpukan akan membesar dan menjadi batu ginjal.

Sebaliknya, bayam jika dimasak terlebih dahulu, akan menyebabkannya mudah dicerna. Selain itu dengan dimasak, penyerapan zat besi, kalsium, dan magnesium menjadi lebih mudah. Asam oksalat juga bisa hilang dengan memanaskan bayam.

Daun singkong adalah sayuran yang juga tidak boleh dimakan mentah. Pasalnya daun singkong mengandung senyawa linamarin dan lotaustralin. Kedua senyawa tersebut jika masuk dalam tubuh akan menyebabkan keracunan sianida. Beberapa jaringan tubuh akan mengalami iritasi akibat racun sianida.

Selain itu daun singkong mentah juga bisa menimbulkan gangguan lambung. Senyawa aktif sianida bisa menekan dinding lambung dan menyebabkan luka. Selain itu sianida akan mengacaukan sistem dan kinerja perut. Biasanya keracunan sianida akibat memakan daun singkong mentah adalah muntah, mual dan diare.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Budi Arie Setiadi

Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Indonesia

Edgar Ekaputra

Pakar Industri Keuangan dan Ekonomi, Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis UI

Lia KIan, Dr.

Staf Khusus Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila