Bukan hanya Buahya Enak Bernutrisi, Jantung Pisang Ternyata Bisa Cegah Kanker, Diabetes, Malaria, dan Anemia
berita
Ilustrasi/ Net
30 July 2021 06:00
Watyutink.com - Manfaat buah pisang sudah tidak diragukan lagi. Salah satu buah yang paling digemari ini berguna sebagai sumber nutrisi dan vitamin. Pisang juga mampu memperlancar metabolisme tubuh. Selain itu buah berasa manis ini juga mampu meningkatkan kekebalan tubuh, mengatasi anemia, dan menyehatkan tulang.

Ternyata buah yang tidak mengenal musim ini sudah terasa manfaatnya sejak belum jadi pisang. Saat masih menjadi bakal buah atau yang sering disebut jantung pisang, buah ini sudah banyak memiliki kegunaan bagi manusia.

Tahukah Anda, apa saja manfaat jantung pisang bagi kesehatan?

Selama ini orang mengenal jantung pisang sebagai bahan untuk makanan tradisional. Rasanya yang gurih dan lezat membuat bahan makanan yang juga bernama Ontong ini disukai banyak orang. Terutama jika dimasak dengan bumbu kacang dan santan.

Jantung pisang diketahui kaya akan kandungan antioksidan yang bermanfaat untuk mencegah radikal bebas dalam tubuh. Itulah sebabnya jantung pisang bisa bermanfaat seperti suplemen bagi tubuh yang bisa menurunkan risiko terserang penyakit berbahaya seperti kanker. Selain itu jantung pisang juga bisa mencegah penuaan dini.

Jantung pisang ternyata juga memiliki kandungan etanol yang bermanfaat untuk mengobati infeksi pada tubuh. Mengkonsumsi jantung pisang diyakini dapat mencegah pertumbuhan bakteri yang membuat infeksi semakin melebar. Jantung pisang juga bisa menyembuhkan luka dan mencegah pertumbuhan malaria dalam tubuh.

Jantung pisang juga berguna bagi para wanita. Pasalnya jantung pisang dapat menormalkan perdarahan akibat menstruasi yang tidak normal. Wanita yang menstruasinya tidak normal sering mengeluarkan darah dari rahim. Untuk itu disarankan mengonsumsi jantung pisang dan yoghurt. Kedua bahan tersebut dapat membuat mengurangi darah yang keluar dan mengembalikan kebugaran tubuh pasca kehilangan banyak darah.

Bagi ibu yang sedang menyusui jantung pisang berguna untuk meningkatkan produksi air susu ibu. Selain itu ramuan jantung pisang yang dicampur beberapa rempah-rempah juga bisa menjaga kesehatan rahim serta mengatasi sembelit yang terjadi setelah melahirkan.

Jantung pisang juga dipercaya mampu mengurangi kadar gula darah dan meningkatkan hemoglobin dalam tubuh. Itulah sebabnya jantung pisang baik dikosumsi para penderit diabetes. Selain itu, kandungan serat dan zat besi pada jantung pisang dapat membantu memproduksi sel darah merah. Sehingga dapat menghindarkan diri dari anemia dan mudah lemas saat beraktivitas.

Meskipun memliki banyak manfaat tapi tetap disarankan mengkonsumsi jatung pisang dalam jumlah yang tidak berlebihan. Pasalnya segala sesuatu yang berlebihan tentu tidak baik.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

TOPIK TERPOPULER

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF