Bukan Hanya untuk Masakan, Kemiri juga Bisa Jaga Kesehatan Jantung, Tulang dan Pencernaan
berita
Kemiri
04 May 2020 16:45
Watyutink.com - Selama ini kemiri hanya dikenal sebagai campuran bumbu masakan. Terutama makanan yang menggunakan santan. Salain untuk menambah cita rasa, kemiri juga berguna memperkental santan. Makanan akan menjadi semakin lezat jika ditambahkan kemiri pada bumbunya.

Ternyata kemiri bukan hanya berguna untuk masakan. Rempah bernama ilmiah Aleurites moluccanus ini juga memiliki manfaat bagi kesehatan. Pasalnya kemiri memiliki beragam nutrisi yang baik untuk tubuh.

Tahukah Anda, apa saja manfaat kemiri untuk kesehatan?

Para ahli sudah lama mengakui manfaat kemiri untuk kesehatan manusia. Kemiri seringkali diolah menjadi minyak herbal untuk berbagai kepentingan. Salah satu yang paling sering adalah untuk kesehatan rambut.

Kemiri diketahui mengandung berbagai nutrisi yang baik untuk tubuh seperti protein, lemak, karbohidrat, fosfor, kalium, magnesium, seng, zat besi, tembaga, selenium, vitamin, folat dan fitosterol. Itulah sebabnya manfaat kemiri untuk kesehatan tak perlu diragukan lagi, diantaranya untuk menjaga kesehatan jantung.

Jantung memiliki fungsi yang sangat penting, yakni memompa darah dan dialirkan ke seluruh tubuh. Kandungan potasium dalam kemiri diyakini mampu menjaga jantung tetap berfungsi dengan baik. Selain itu kemiri juga bermanfaat menjaga tekanan darah tetap stabil. Itulah sebabnya kemiri juga bermanfaat mencegah penyakit tekanan darah tinggi dan stroke.

Kemiri juga kaya akan kandungan fosfor. Itulah sebabnya rempah yang juga disebut Candlenut ini bermanfaat menjaga kesehatan tulang. Kemiri menjaga tubuh dari penyakit osteoporosis atau pengeroposan tulang. Selain itu kemiri juga mengurangi risiko penyakit rematik.

Bagi penderita gangguan tidur atau insomnia, kemiri bisa menjadi solusi alternatif. Kandungn melatonin dalam kemiri bermanfaat membuat tubuh lebih rileks. Akibatnya tubuh akan lebih cepat tidur dan terlelap. Tidur pun jadi lebih nyenyak.

Kemiri juga bermanfaat menjaga kesehatan saluran pencernaan. Pasalnya kemiri memiliki kandungan serat yang bisa mencegah penyakit diare, disentri, serta masalah pencernaan lainnya.

Bagi Anda yang sedang melakukan program diet, kemiri bisa sangat membantu. Kandungan protein dalam kemiri sangat baik untuk menurunkan berat badan. Protein adalah salah satu nutrisi yang berfungsi membakar kalori. Mengonsumsi kemiri akan menjaga berat badan tetal ideal dan tidak berlebih.

Untuk mendapatkan manfaat kemiri, cukup dengan menjadikannya campuran bumbu masak. Menu makan Anda pun akan menjadi lebih sehat.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF