Bukan Hanya Memperlancar ASI, Daun Katuk Juga Bisa Menyehatkan Mata dan Tulang
berita

06 March 2019 17:35
Watyutink.com - Ada banyak tanaman yang mempunyai ukuran daun kecil. Beberapa diantaranya mempunyai manfaaat bagi kesehatan. Salah satu jenis tanaman berdaun kecil yang mempunyai manfaat bagi kesehatan adalah daun katuk.

Selama ini manfaat daun katuk hanya dikenal untuk memperlancar air susu ibu (ASI).  Padahal sebetulnya daun katuk mempunyai manfaat lain, selain untuk ibu hamil dan menyusui.

Tahukah Anda, apa manfaat daun katuk untuk kesehatan?

Katuk adalah sejenis tanaman yang memiliki nama latin Sauropus adrogynus. Di Indonesia, tanaman katuk tumbuh di dataran tinggi. Pohonnya bisa mencapai tinggi dua hingga tiga meter dengan cabang yang lunak dan banyak.

Daun katuk diketahui mengangung zat dan senyawa yang cukup beragam, seperti protein, lemak, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, B, C, pirolidinon, dan metil piroglutamat serta p-dodesilfenol. Selain itu, terkandung pula energi, hidrat arang, serat, abu, kalsium, karoten, dan air.

Katuk juga satu-satunya tanaman lokal yang memiliki kadar klorofil tinggi. Di dalamnya terkandung antioksidan yang bermanfaat untuk mencegah radikal bebas dan mencegah penuaan dini.

Dengan kandungan senyawa yang beragam itu, katuk dipercaya bisa mengatasi berbagai penyakit, seperti anemia atau kurang darah. Selain itu, daun kantuk dipercaya dapat meningkatkan efisiensi absorsi saluran pencernaan, mencegah kelelahan, dan menghambat terjadinya penyakit kronis pembuluh darah. Daun katuk juga menyembuhkan bisul, menghilangkan darah kotor, serta menyembuhkan demam dan influenza.

Daun katuk diketahui juga mengandung banyak vitamin C, bahkan lebih tinggi dari jeruk dan jambu biji. Itulah sebabnya daun katukdapat meningkatkan ketahanan tubuh dan membentuk kolagen yang berguna untuk mengangkut lemak, mengatur tingkat kolesterol, menyembuhkan luka, serta meningkatkan fungsi otak agar bekerja maksimal.

Selain vitamin C, daun katuk juga kaya akan vitamin A. Itulah sebabnya daun katuk juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata. Selain itu vitamin A dalam daun katuk juga bisa meningkatkan pertumbuhan sel, dan menjaga kesehatan kulit. 

Sedangkan kandungan kalsium dalam daun katuk cukup bagus diyakini berkhasiat menyehatkan tulang dan mencegah osteoporosis. Kalsium dalam daun katuk juga mempunyai kemampuan menjaga kepadatan tulang.

Namun, perlu diingat mengkonsumsi daun katuk sebaiknya tidak berlebihan. Mengkonsumsi daun katuk dalam takaran yang tidak tepat dikhawatirkan bisa menimbulkan efek samping yang berdampak buruk pada paru-paru dan memicu penyakit bronchitis.  Maka sebaiknya daun katuk dikonsumsi secukupnya saja.

SHARE ON
OPINI PENALAR

PILIHAN REDAKSI

close

TOPIK TERPOPULER

PENALAR

PILIHAN REDAKSI

PENALAR TERPRODUKTIF

Ujang Komarudin, Dr., M.Si.

Pengamat Politik dan Dosen Universitas Al Azhar Indonesia

Mohammad Faisal

Direktur Centre of Reform on Economic (CORE) Indonesia

Christianto Wibisono

Analis Bisnis/ Pendiri Pusat Data Bisnis Indonesia (PDBI)

FOLLOW US

Polisi Tunduk Pada Hukum             Inovasi Kebijakan yang Tidak Menjual             Kebijakan Tergantung Tujuan Awalnya             Kebaya Tak Perlu Dipertanyakan             Penggalian Nilai Budaya Dibalik Kebaya             Berkebaya Adalah Kesadaran             Penangkapan Faisol Tidak Berdasar             Lembaga Negara Bukan Pemungut Upeti!             Cost Recovery Bukan dari APBN             Blok Masela, Akankah mengulang sejarah Freeport?