Bukan Hanya Hamil, Ini Penyebab Perut Mual di Pagi Hari
berita
Sumber Foto: hellosehat.com
10 February 2019 17:30
Watyutink.com - Saat wanita merasa mual di pagi hari saat bangun tidur, apa dugaan yang seringkali terlontar? Hamil. Ya itulah dugaan yang paling sering terjadi. 

Tapi, jangan curiga terlebih dahulu. Ternyata rasa mual di pagi hari saat bangun tidur tidak hanya lantaran hamil. Bahkan hal semacam itu tidak hanya menimpa wanita, pria pun bisa mengalaminya. 

Tahukah Anda, apa saja penyebab rasa mual di pagi hari? 

Hal pertama yang harus perhatikan adalah bagaimana kualitas tidur Anda. Pasalnya rasa mual seringkali diakibatkan tidur yang kurang nyenyak. Kurang tidur membuat hormon neuroendokrin di dalam tubuh menjadi tidak seimbang. Hal inilah yang memicu rasa mual saat bangun tidur.

Periksa pula makanan apa yang Anda santap sebelum tidur. Makanan yang terkontaminasi bakteri Salmonella dapat memicu gejala keracunan makanan seperti mual, muntah, sakit perut, dan diare.

Kadar gula darah yang rendah juga bisa menyebabkan mual. Hal ini biasanya disertai rasa lapar saat bangun tidur. Itulah sebabnya jangan pernah lupa sarapan pagi agar tubuh tetap sehat dan bugar.

Terlambat makan juga bisa menyebabkan mual. Pasalnya terlambat makan dapat menyebabkan asam lambung naik hingga kerongkongan. Jika perut tidak segera diisi maka asam lambung dapat melukai lapisan kerongkongan yang memicu rasa mual.

Kemana Anda sebelum tidur. Jika ada dugem dan minum minuman beralkohol hingga mabuk hampir pasti Anda akan merasa mual di pagi hari. Mabuk alkohol menyebabkan tubuh lebih cepat mengalami dehidrasi dan kadar gula darah menurun drastis. Akibatnya bisa sakit kepala, mual, hingga muntah. 

Jika mempunyai jadwal penting, seperti meeting, ujian, atau presentasi sebaiknya persiapkan diri Anda sebaik mungkin. Rasa cemas, gugup atau stres dapat menyebabkan kadar asam dan enzim dalam perut terganggu. Otot perut akan berkontraksi secara berlebihan dan memicu rasa mual bahkan sampai muntah.

 

SHARE ON
OPINI PENALAR

PILIHAN REDAKSI

close

TOPIK TERPOPULER

PENALAR

PILIHAN REDAKSI

PENALAR TERPRODUKTIF

Ujang Komarudin, Dr., M.Si.

Pengamat Politik dan Dosen Universitas Al Azhar Indonesia

Christianto Wibisono

Analis Bisnis/ Pendiri Pusat Data Bisnis Indonesia (PDBI)

Dadang Trisasongko

Direktur Eksekutif Tranparency Internasional (TI) Indonesia

FOLLOW US

Perlu Pertimbangan Agar yang Dikurung Memang Pantas Dikurung             Idealnya Penjara Tidak Untuk Lansia             Selesaikan PR di Periode Kedua             Jemput Bola Tarik Investasi             Fokus Pada Daya Saing, Reindustrialisasi, Pemerataan             Memperkokoh kemampuan mewujudkan cita-cita Presiden Joko Widodo              Simbol Kemajuan Bangsa dan Rekonsiliasi dalam Pertemuan Jokowi dan Prabowo             Apapun Tafsirnya, Kita Bangga Jokowi - Prabowo Bertemu             Bukan Hidup Abadi Badaniah Semata             Hidup Abadi Masih Spekulatif