Bukan Hanya Cantik dan Romantis, Bunga Mawar Merah Juga Menyehatkan
berita

28 May 2019 16:10
Watyutink.com – Siapa yang tak kenal bunga mawar merah, semua orang pasti mengenalnya. Pasalnya bunga indah namun berduri ini banyak hadir dalam berbagai kesempatan, terutama acara-acara romantis. Mawar merah sering dianggap sebagai lambang atau simbol cinta dan kasih sayang.

Selain itu bunga mawar merah dapat mempercantik ruangan. Warnanya yang indah dan aromanya yang harum membuat suasana ruangan jadi lebih indah dan menyenangkan. Ternyata mawar merah bukan hanya indah dan harum, tapi juga sehat.

Tahukah Anda, apa saja manfaat bunga mawar bagi kesehatan?

Penggunaan bunga mawar merah untuk kesehatan sebenarnya sudah lama dikenal. Beberapa penelitian yang pernah dilakukan membuktikan bunga mawar merah mengandung beberapa senyawa seperti sitrat, sitronelol, geraniol linalol, dan nerol. Selain itu bunga mawar juga mengandung antioksodan, antosianin, zink, dan vitamin C.

Bunga mawar juga dikenal kaya kandungan air. Sebanyak 95 persen dari kelopak bunga mawar merah mengandung air.

Bagi orang Indonesia, memakan bunga mawar masih terasa asing. Padahal kebiasaan ini sudah banyak dikenal dalam dunia kesehatan herbal. Pengobatan tradisional China dan Timur Tengah sudah lama mencampurkan bunga mawar merah dalam menu makanan.

Mengonsumsi bunga mawar mempunyai banyak manfaat. Ramuan teh bunga mawar dapat menjadi sarana untuk menurunkan berat badan. Caranya, ambil 10 hingga 15 kelopak bunga mawar. Rebus dengan air bersih hingga mendidih dan airnya berubah menjadi kemerahan. Tuang dalam cangkir dan minum selagi hangat. Bisa juga ditambahkan kayu manis atau madu untuk menambah rasa.

Ramuan bunga mawar juga bermanfaat untuk mencegah hipertensi. Bunga mawar merah diyakini dapat mencegah kenaikan tekanan darah dalam tubuh. Hal inilah yang membuat mengonsumsi ramuan bungan mawar, termasuk teh bunga mawar dapat menurunkan risiko hipertensi.

Rutin meminum teh bunga mawar juga diyakini dapat menyehatkan sistem pencernaan. Bunga ‘romantis’ ini mampu melancarkan dan menghindarkan tubuh dari masalah pecernaan. Selain itu kandungan alami dalam bunga mawar juga mempunyai fungsi sebagai antioksidan yang mencegah tubuh paparan radikal bebas yang seringkali menjadi pemicu gangguan kesehatan.

Bagi kaum wanita, mengonsumsi ramuan bunga mawar dalam menyehatkan organ kewanitaan. Selain itu bunga mawar juga berguna untuk melancarkan siklus datang bulan atau haid. Bukan hanya melancarkan, bunga mawar juga mampu meredakan nyeri yang seringkali muncul saat haid.

Bunga mawar juga mempunyai manfaat sebagai anti inflamasi alami. Itulah sebabnya bunga berduri ini dapat mencegah terjadinya peradangan dan mencegahnya datang kembali.

Mengonsumsi bunga mawar juga dapat mencegah bau mulut. Mengunyah kelopak atau lembaran bunga mawar yang harum  dapat menangkal bau mulut tak sedap. Namun perlu diingat, bunga mawar hanyalah membantu. Agar mulut sehat dan terhindar dari bau tak sedap, pelihara kebersihannya dengan rutin menggosok gigi.

Bunga mawar juga ampuh untuk mengatasi kaki bengkak. Caranya dengan mengkompres atau merendam kaki yang bengkak dengan air yang dicampur bunga mawar.  

SHARE ON
OPINI PENALAR

PILIHAN REDAKSI

close

TOPIK TERPOPULER

PENALAR

PILIHAN REDAKSI

PENALAR TERPRODUKTIF

Ahmad Heri Firdaus

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF)

YB. Suhartoko, Dr., SE., ME

Dosen Program Studi Ekonomi Pembangunan, Keuangan dan Perbankan Unika Atma Jaya Jakarta

Mohammad Faisal

Direktur Centre of Reform on Economic (CORE) Indonesia

FOLLOW US

Investor Tak Terpengaruh Prediksi Ekonomi RI             Moody’s Tak Tahu Jeroan Indonesia             Ada  Gap, Ada Ketimpangan             Prioritas Utama Tingkatkan Pertumbuhan             Dana Desa Berhadapan dengan Kejahatan Sistemik             Pembangunan Desa Tidak Bisa Berdiri Sendiri             Harus Disadari, Korupsi akan Mengikuti Kemana Uang Mengalir             Banyak Hal Harus Dibenahi dengan kebijakan Strategis dan Tepat             Pertumbuhan Konsumsi Berpotensi Tertahan             Amat Dibutuhkan, Kebijakan Pertanian yang Berpihak pada Petani!