Buka Puasa Sehat dan Segar dengan Minum Air Kelapa, Timun dan Jeruk Nipis
berita
Sumber Foto : Copyright shutterstock.com
08 May 2020 16:32
Watyutink.com - Saat berbuka puasa, sesuatu yang paling dicari terlebih dahulu adalah minuman. Melepas rasa lapar memang perlu tapi menghilangkan dahaga dirasa lebih penting. Selain itu setelah seharian tidak makan dan minum, organ pencernaan sebaiknya 'dibasahi' terlebih dahulu dengan cairan. 

Banyak jenis minuman yang bisa dinikmati saat berbuka. Sebaiknya jangan hanya lantaran segar, pilih pula minuman yang menyehatkan. Tidak harus dengan membeli minuman jadi. Minuman segar dan sehat hasil kreasi sendiri pun bisa jadi pilihan. 

Salah satunya dengan membuat minuman air kelapa muda ditambah timun dan jeruk nipis peras atau jeniper. Minuman ini diyakini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. 

Tahukah Anda, apa manfaat air kelapa muda, timun dan jeniper bagi kesehatan?

Air kelapa muda sudah lama dikenal sebagai minuman kesehatan. Pasalnya beragam nutrisi terkandung didalamnya. Dokter ahli gizi dari Rumah Sakit Pusat Pertamina (RSPP) dr Titi Sekarindah, MS, SpGK, mengatakan air kelapa muds dapat mencegah tubuh mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan setelah berpuasa seharian. 

Selain menyegarkan, menurut dr Titi, air kelapa muda memiliki kandungan kalium, natrium serta vitamin. Kalium diyakini bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah serta menjadikannya stabil dan normal. Selain itu air kelapa juga diketahui sebagai sumber antioksidan yang baik buat tubuh.

Selain itu air kelapa muda juga mengandung elektrit yang penting untuk kebugaran tubuh. Namun dr Titi menyarankan saat mengonsumsi air kelapa muda tanpa tambahan gula. Biarlah air kelapa muda dinikmati dengan rasanya yang segar dan alami. Terlebih air kelapa sudah memiliki kandungan gula alami. 

Sedangkan timun diketahui kaya akan kandungan nutrisi, seperti protein, lemak, dan karbohidrat. Disamping itu timun juga mengandung mineral seperti kalsium, magnesium, fosfor, zat besi, vitamin A, B1, C dan K. Salah satu manfaat timun adalah untuk mengatasi radang tenggorokan dan cacingan. Pasalnya timun mengandung alkoloid jenis hioxanti. 

Timun juga sangat bermanfaat menjaga kadar cairan dalam tubuh. Pasalnya sebutir timun berukuran sedang mengandung 150 mililiter air. Jumlah ini bisa mencukupi 25 persen kebutuhan air harian orang dewasa. 
Timun juga mengandung silikon, fluorin, kalium, dan memiliki kadar kalori yang rendah. Hal ini menjadikan timun bermanfaat untuk menjaga kesehatan ginjal. 

Itulah sebabnya jika kedua bahan alami ini digabungkan bakal tercipta minuman sehat dan segar. Untuk membuatnya caranya cukup mudah. Siapkan sebutir timun, kupas kulitnya lalu serut dagingnya. Siapkan pula sebuah kelapa muda, ambil air dan dagingnya. 

Ambil sebutir jeruk nipis. Potong jadi dua bagian. Setengah bagian diperas airnya dan setengah bagian lainnya potong tipis-tipis. Bisa juga diganti dengan jeruk lemon. Sediakan pula biji selasih secukupnya. Rendam dulu dalam air hangat. 

Campur semua bahan itu menjadi satu. Simpan terlebih dahulu dalam kulkas. Saat tiba waktu berbuka, minum dan nikmati kesegarannya. Bukan hanya menghilangkan dahaga setelah berpuasa tetapi juga sehat dan menjaga tubuh selalu bugar. 

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF