Bubur Suro, Makanan Khas Bulan Muharrom yang Bisa Cegah Sembelit, Diabetes, Obesitas dan Kuatkan Sistem Imun
berita
Sumber Foto : Cookpad/Indrajied
11 August 2021 15:00
Watyutink.com - Masyarakat Indonesia mempunyai beragam tradisi dalam menyambut Tahun Baru Hijriah. Mulai dari ritual-ritual tertentu hingga masalah kuliner. Bagi sebagian masyarakat Jawa sudah menjadi tradisi turun-temurun menghidangkan Bubur Suro dalam menyambut Tahun Baru Islam, 1 Muharrom.

Orang Jawa menyebut bulan Muharrom sebagai bulan Suro. Itulah sebabnya makanan khas bulan tersebut dinamakan Bubur Suro, sama dengan nama bulannya. Sampai saat ini bubur suro masih banyak disajikan masyarakat Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur dan Madura.

Selain lezat dinikmati, terutama saat masih hangat, bubur suro juga menyimpan manfaat bagi kesehatan. Pasalnya bubur suro dibuat menggunakan bahan-bahan alami kaya nutrisi yang baik untuk kesehatan.

Tahukah Anda apa manfaat bubur suro bagi kesehatan?

Bubur Suro sejatinya mirip dengan bubur pada umumnya yang terbuat dari beras, seperti bubur ayam. Bedanya dalam proses memasaknya bubur suro menggunakan beragam rempah dan bumbu tradisional.

Selain untuk menciptakan rasa nikmat, penggunaan beragam bumbu tersebut memiliki makna dan arti secara filosofi, seperti santan, serai, daun salam dan sebegainya. Hal itu menjadikan bubur suro memiliki rasa yang lebih gurih dibandingkan bubur pada umumnya

Bubur suro juga disajikan dengan aneka lauk-pauk yang berbeda di tiap-tiap daerahnya. Namun sebagian besar memiliki karakteristik yang sama, yakni kuah santan kuning, tahu, orek tempe atau teri, telur, perkedel dan kacang-kacangan.

Dirangkum dari berbagai sumber, ternyata bubur suro sangat baik dikonsumsi untuk kesehatan. Salah satunya untuk menjaga fungsi pencernaan. Bubur diyakini berguna menghangatkan organ pencernaan sepeti lambung. Tekstur bubur yang lembut membuatnya mudah dicerna. Hal ini membuat proses pencernaan lebih mudah dan menghindarkan lambung dari bekerja lebih keras.

Bubur suro juga berguna mencegah sembelit atau susah buang air besar (BAB). Bubur adalah makanan dengan kandungan bakteri baik yang membantu pertumbuhan bakteri di usus. Lantaran tinggi kandungan air, bubur bisa melunakkan fases atau tinja serta mengurangi rasa sakit di perut akibat sembelit.

Bubur juga berguna menjaga organ limpa, yang berperan penting untuk sistem imun atau kekebalan tubuh. Mengonsumsi bubur nasi, termasuk bubur suro dapat membantu sistem imun melindungi tubuh dari berbagai bakteri, racun dan virus penyebab aneka penyakit.

Bubur juga berguna menyembuhkan demam lantaran kaya antioksidan. Fungsi ini juga membantu melindungi tubuh dari infeksi sekaligus memperkuat kekebalan tubuh atau sistem imun.

Sepiring atau semangkuk bubur suro diyakini mampu menurunkan berat badan. Pasalnya bubur adalah makanan rendah kalori. Makan bubur bisa mencegah lapar sehingga tidak menyebabkan gemuk lantaran sering makan. Hal inilah yang menyebabkan bubur suro baik untuk menjaga berat badan tetap ideal dan terhindar dari obesitas atau kelebihan berat badan.

Bubur juga dapat membantu menstabilkan kadar gula darah dan mengurangi risiko penyakit diabetes tipe 2. Penyakit ini biasanya terjadi pada orang dengan berat badan berlebih dan kurang gerak fisik.

Bubur suro juga kaya serat yang memperlambat penyerapan gula dari makanan. Jika gula darah terkendali, tubuh juga terhindar dari penyakit lainnya seperti ginjal, jantung, dan stroke.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

TOPIK TERPOPULER

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF